Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Empat media lokal Papua lolos verifikasi faktual Dewan Pers
  • Rabu, 06 Desember 2017 — 09:59
  • 1617x views

Empat media lokal Papua lolos verifikasi faktual Dewan Pers

"Verifikasi faktual dilakukan pada sejumlah media yang ada di Papua yang dinilai telah memenuhi persyaratan administrasi sebagai perusahaan pers," jelas Sekretaris Dewan Pers Lumongga Sihombing.
Warga kota Solo mengunjungi stan tabloidjubi.com dalam Festival Media yang diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada 23-24 November lalu - Dok. Jubi
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Empat media lokal di Papua dinyatakan lolos verifikasi faktual yang dilakukan oleh Dewan Pers pada awal November lalu.

Setelah melakukan verifikasi pada sembilan Perusahaan Pers (media) cetak dan elektronik di Provinsi Papua pada bulan November lalu, Dewan Pers menyatakan hanya empat media yang lolos verifikasi faktual dan administrasi. Tiga media cetak yang lolos verifikasi adalah Cenderawasih Pos, Harian Pagi Papua dan Bisnis Papua dan satu-satunya media online yang lolos adalah tabloidjubi.com

"Verifikasi faktual dilakukan pada sejumlah media yang ada di Papua yang dinilai telah memenuhi persyaratan administrasi sebagai perusahaan pers," jelas Sekretaris Dewan Pers Lumongga Sihombing.

Hasil verifikasi faktual yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung kantor redaksi media ini, lanjut Lumongga, dibawa ke rapat pleno Dewan Pers untuk ditetapkan sebagai hasil verifikasi faktual dan administrasi.

"Media-media yang telah lolos verifikasi itu bisa dilihat di website Dewan Pers," lanjutnya.

Lumongga mengatakan ada sembilan media yang diverifikasi secara faktual di Papua. Empat media online dan lima media cetak.

Menanggapi hasil verifikasi Dewan Pers ini, Redaktur Senior Cenderawasih Pos, Lucky Ireeuw menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Pers karena dengan hasil verifikasi ini Cenderawasih Pos dinyatakan memenuhi standar media. Media yang telah lolos verifikasi ini memiliki tanggungjawab besar untuk patuh melaksanakan ketentuan dan kewajiban sesuai standar yang sudah ditetapkan dewan pers sesuai UU Pers di Indonesia.

"Tujuan verifikasi selain mendata media, juga untuk menjamin kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers yang sehat. Hal-hal yang diverifikasi seperti kompetensi jurnalis, redaktur hingga pemimpin redaksi, standar keselamatan kerja dan dokumen kesepakatan kerja, ini menjamin wartawan dapat berkerja dengan lebih profesional dan dijamin keselamatan kerja dan kesejahterannya. verifikasi juga bertujuan untuk melindungi masyarakat dari media-media yang tidak benar," kata Lucky Ireeuw, Rabu (6/12/2017).

Terpisah, Victor Mambor,  Ahli Pers Dewan Pers untuk Provinsi Papua dan Papua Barat, mengatakan dalam proses verifikasi faktual yang dilakukan, setiap media yang didatangi oleh Dewan Pers harus menyiapkan berbagai dokumen kelengkapan administrasi perusahaan pers untuk dicek kebenarannya secara langsung.

"Misalnya, akta pendirian perusahaan harus jelas menyebutkan sebagai "perusahaan pers". Tidak boleh ada usaha lainnya. Lalu, pemimpin redaksinya harus jurnalis di jenjang utama. Gaji jurnalis yang baru harus sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP), tidak boleh lebih rendah," ungkap Mambor.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan media pun harus memiliki Prosedur Operasional Standar (SOP) perlindungan pada jurnalisnya.

Mambor menambahkan, di tengah maraknya media online yang bermunculan bagai jamur di musim hujan, informasi yang tidak benar atau hoax pun memiliki peluang yang sama dengan informasi yang benar atau kredibel untuk dikonsumsi masyarakat umum. Oleh karena itu, program verifikasi Dewan Pers ini harus disukseskan oleh pelaku industri pers di Indonesia, agar masyarakat punya kesempatan untuk memilah informasi yang akan dikonsumsi. (*)

loading...

Sebelumnya

Distrik Abepura menjadi nominator kota sehat nasional

Selanjutnya

Tiga truk pengangkut rusak, dua minggu sampah dibiarkan numpuk

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe