Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Dua Puskesmas di Jayawijaya sedang proses akreditasi
  • Rabu, 06 Desember 2017 — 15:55
  • 576x views

Dua Puskesmas di Jayawijaya sedang proses akreditasi

Akreditasi itu terkait dengan usulan  pemeirntah Jayawijaya yang mengajukan dua Puskesmas itu agar dinilai secara independen.
Puskesmas Wamena Kota yang tengah diakreditasi oleh kementerian kesehatan-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Kementerian kesehatan sedang menilai dua Puskesmas di Jayawijaya dengan menurunkan tim akreditasi ke Puskesmas Wamena Kota dan Puskesmas Elekma.

“Tim sedang melakukan akreditasi sejak sejak Senin  4 Desember ke Kabupaten Jayawijaya, guna melakukan akreditasi,” kata Asisten I Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, kepada wartawan di Wamena, Rabu (6/12/2017).

Akreditasi itu terkait dengan usulan  pemeirntah Jayawijaya yang mengajukan dua Puskesmas itu agar dinilai secara independen. “Dengan harapan pelayanan kesehatan menjadi terstandar dan terukur," kata Tinggal menambahkan. 

Dengan standar akreditasi itu diharapkan masyarakat juga tahu apa yang menjadi hak dalam pelayanan kesehatan. Menurut Tinggal, akredtiasi sesuai dengan ketentuan Permenkes yang megatur standarisasi kesehatan.

Pemda Jayawijaya secara bertahap akan mengajukan akreditasi setiap layanan kesehatan pertama. Ukuran akreditasi dinilai dari sumber daya manusia dan informasi kepada masyarakat, termasuk layanan yang baik dan ramah.

"Tercatat tahun 2018 mendatang Jayawijaya mengajukan tiga hingga lima Puskesmas agar diakreditasi oleh Kemenkes," kata Tinggal menjelaskan.

Kepala dinas kesehatan Jayawijaya, Willy Mambieuw, menyatakan tim akreditasi akan melihat standar operasional pelayanan kesehatan apakah sesuai dengan standar kementerian.

"Mereka tidak memberi nilai, tapi mereka memberikan rekomendasi kepada tim penilai yang akan datang dari kementerian," ujar Willy. 

Menurut Willy, jika lolos akreditasi  dua Puskesmas ini akan mendapat bantuan dari kementerian dan mendapat kebebasan mengatur pelayanannya sendiri.

“Artinya Puskesmas ini mendapat bantuan dana, bisa masuk dalam jaminan BPJS yang arti luasnya dapat mengelola keuangannya sendiri,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tolikara,‎ bakar batu wam hingga ayam untuk rekonsiliasi dan syukuran

Selanjutnya

Dukcapil buka perekaman e-KTP di pameran pembangunan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe