Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Seratus ODHA di Jayapura terima bantuan Kemensos
  • Rabu, 06 Desember 2017 — 21:44
  • 1471x views

Seratus ODHA di Jayapura terima bantuan Kemensos

“Setiap orang akan mendapat bantuan Rp 5 juta, cash by transfer ke rekening pribadi masing-masing. Ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik bahwa tidak ada pemotongan atas bantuan tersebut,” katanya.
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Sonny W Manalu (kemeja batik, tengah), dan Manajer Program Noken Papua, Nani Ujie Pundu (batik), didampingi Kasie Rehabilitasi Penyandang Disabilitas dan Non-Disabilitas Dinas Sosial Kota Solo, Toto Sumakno (kemeja batik, kanan), saat bertemu Jubi, Rabu (6/12/2016) – Jubi/IST
Dewi Wulandari
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Solo, Jubi – Sebanyak 100 orang yang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Jayapura, menerima bantuan modal usaha ekonomi produktif (UEP) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Setiap orang akan menerima Rp 5 juta.

Hal ini disampaikan manajer program Noken Papua, Nani Ujie Pundu, usai acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional LKS Pendamping Program Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang, di sebuah hotel di Kota Solo, Rabu (6/12/2017).

Noken Papua adalah lembaga kesejahteraan sosial (LKS) pendamping 100 ODHA yang akan mendapatkan bantuan modal UEP dari Kemensos tersebut.

Nani Ujie Pundu mengatakan bantuan itu tidak datang tiba-tiba. Sebelumnya, Kemensos melakukan assesmen kepada orang terinfeksi HIV calon penerima bantuan dan kredibilitas LKS yang mendampingi mereka.

Seratus ODHA tersebut tersebar di beberapa distrik di kabupaten Jayapura seperti distrik Sentani, Sentani Timur, Sentani Barat, Waibhu, Ebungfauw, Kemtuk Gresi, dan Nimboran.  

“Setiap orang akan mendapat bantuan Rp 5 juta, cash by transfer ke rekening pribadi masing-masing. Ini dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik bahwa tidak ada pemotongan atas bantuan tersebut,” katanya.

Nani menambahkan Kemensos total memberikan hibah kepada Noken Papua sebesar Rp 610 juta. Bantuan modal UEP bagi 100 ODHA Rp 500 juta, bimbingan sosial Rp 100 juta, dan operasional kantor Rp 10 juta.

Bantuan modal UEP itu bisa dimanfaatkan antara lain untuk usaha kios bensin, beternak babi, budidaya ikan karamba, beternak ayam, dan usaha roti.

Sementara itu, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Sonny W Manalu, mengatakan saat ini pemerintah sudah menerapkan desentralisasi, yang mana perencanaan program dimulai dari bawah. Partisipasi masyarakat dan peran LKS menjadi sangat strategis.

“LKS yang selama ini bekerja di garis depan dan paling tahu kondisi di lapangan. LKS yang kredibel akan menjadi mitra Kemensos. Salah satunya adalah Noken Papua di kabupaten Jayapura. Mereka yang selama ini mendampingi teman-teman ODHA di sana. Mereka merasa nyaman didampingi dan bekerjasama dengan LKS Noken Papua. Karena alasan itulah Kemensos mempercayakan bantuan modal UEP kepada teman-teman ODHA di kabupaten Jayapura melalui Noken Papua,” kata Sonny Manalu menjelaskan. (*)

loading...

Sebelumnya

Empat media lokal Papua lolos verifikasi faktual Dewan Pers

Selanjutnya

Inilah isi Komunike KTT pertama ULMWP di Vanuatu

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe