Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Pasar distrik, alternatif cegah tumbuhnya pasar kaget  
  • Kamis, 07 Desember 2017 — 17:25
  • 348x views

Pasar distrik, alternatif cegah tumbuhnya pasar kaget  

"Ada pasar kaget maka pembeli di pasar Pharaa juga pasti berkurang. Sementara tempat di pasar ini masih banyak yang belum diisi. Alternatif lain untuk menjawab kebutuhan masyarakat maka sudah saatnya dibangun pasar distrik yang keaktifannya tidak seperti pasar Pharaa atau pasar Doyo. Sehingga masyarakat di distrik tersebut dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk aktivitas dan transaksi jual beli," ujar Kepala UPTD Pasar, Daniel Sokoy.
Pasar kaget di mata jalan Sosial Sentani - Jubi/Engel Wally   
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi  - Munculnya sejumlah ‘pasar kaget’ di pertigaan jalan di ruas jalan protokol kota Sentani belakangan ini berdampak kepada penataan ruang terbuka hijau yang direncanakan oleh pemerintah daerah, tetapi juga dari sisi kebersihan lingkungan adanya pasar tersebut sangat memberi andil besar untuk penumpukan sampah di pinggir jalan.

Sementara pasar adalah sarana yang digunakan masyarakat dalam transaksi jual beli, untuk kebutuhan dan kepentingan hidup masyarakat itu sendiri. Alternatif yang dipilih adalah membangun pasar di setiap distrik yang intensitas dan aktifnya pasar tersebut diatur sesuai jadwal dan hari-hari tertentu. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganaganerindag Kabupaten Jayapura, Piter Yom, berjanji akan menertibkan semua pasar kaget yang ada di daerah ini. Langkah awal, satu pasar kaget di depan Polres Jayapura sudah dipindahkan ke pasar rakyat di Doyo Baru.

"Tidak hanya persoalan sampah saja, kemacetan arus lalu lintas dan juga rencana pemerintah untuk menata ruang terbuka hijau harus didukung. Oleh sebab itu, pasar yang tidak mempunyai izin atau tidak layak menjadi pasar harus dipindahkan atau ditutup. Pedagangnya silakan berjualan di pasar yang telah disiapkan pemerintah," ujar Piter Yom, saat ditemui di Sentani, Kamis (7/12/2017).

Kepala UPTD Pasar, Daniel Sokoy, mengatakan ada dampak yang terjadi ketika muncul pasar kaget di pertigaan jalan di ruas jalan protokol Sentani. Pembeli akhirnya memilih belanja di pasar tersebut ketimbang di pasar resmi.

"Ada pasar kaget maka pembeli di pasar Pharaa juga pasti berkurang. Sementara tempat di pasar ini masih banyak yang belum diisi. Alternatif lain untuk menjawab kebutuhan masyarakat maka sudah saatnya dibangun pasar distrik yang keaktifannya tidak seperti pasar Pharaa atau pasar Doyo. Sehingga masyarakat di distrik tersebut dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk aktivitas dan transaksi jual beli," ujarnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Dinas Perikanan akan usulkan Perbup harga ikan dan aktifkan koperasi perikanan 

Selanjutnya

Anggota Dharma Wanita Jayapura diminta aktif

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe