Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Isu agama dalam Pilkada tak mampu menembus Kota Jayapura
  • Kamis, 07 Desember 2017 — 18:45
  • 563x views

Isu agama dalam Pilkada tak mampu menembus Kota Jayapura

Pernyataan itu sebagai bantahan adanya kekhawatiran munculnya isu agama  seperti dalam pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu.
Everth Merauje berama pimpinan gereja pada satu Event -( Jubi/Doc.)
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi –Pemerintah Kota Jayapura memastikan isu agama dalam Pilkada tak mampu menembus di Kota Jayapura. Pernyataan itu sebagai bantahan adanya kekhawatiran munculnya isu agama  seperti dalam pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Politik nasional bisa saja merembes ke daerah. Tetapi khusus untuk Kota Jayapura tidak pernah terjadi seperti di Jakarta, khususnya menggunakan isu agama dengan mobilisasi massa yang besar,” kata  Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabngpol) Kota Jayapura, Everth Merauje,  kepada Jubi, Kamis (7/8/2017).

Pendapat Everth, mengacu kondisi Kota Jayapura yang belum ada kekerasan atau pengumpulan masa berlebihan. “Kami baru di taraf konsep berfikir, berkumpul, mencegah terjadinya konflik di Papua khususnya Kota Jayapura,” kata Everth menambahkan

Namun ia mengaku  telah mengantisipasi kekerasan dengan membentuk pemuda anti kekerasan dan langkah lain. Perkumpulan itu dilakukan untuk menyamakan persepsi agar pemuda bisa bersatu dan mencegah hal-hal negatif.

Aktivis perdamaian dari LSM Ilalang, Munawir, mengatakan  telah membina pemuda dengan cara menyiapkan instrumen yang memadai untuk menghindari konflik. “Di antaranya instrumen aplikasi berbasis website untuk pemantauan terjadinya konflik, juga modul pelatihan terkait dengan seluk beluk dan resolusi konflik,” kata  Munawir.

Program itu  bakal dikembangkan dengan mengajak pemuda pemudi, merancang modul pelatihan dan aplikasi peringatan dini konflik. “Sedangkan pembahasan tiga materi utama, Citizen, jurnalisme, metodologi penelitian, dan peringatan dini konflik untuk kekerasan berbasis pemuda,” kata Munawir menjelaskan .

Selain itu lembaganya mengadakan pelatihan berkala dengan peningkatan kapasitas jaringan pemuda anti kekerasan melalui analisis konflik monitoring dan pelaporan mencegah memitigasi dan menemukan resolusi untuk konflik pemuda.(*)

loading...

Sebelumnya

Libur semester sekolah Kota Jayapura mulai 15 Desember 2017

Selanjutnya

Pengendara keluhkan biaya parkir di Bandara Sentani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe