Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Bekerja cuci motor untuk bayar uang sekolah 
  • Minggu, 10 Desember 2017 — 15:58
  • 769x views

Bekerja cuci motor untuk bayar uang sekolah 

"Kerja cuci motor setelah pulang sekolah. Kebetulan orang tua juga tinggal di kompleks perumahan Pemda Doyo Baru. Setelah pulang sekolah dari jam satu siang sampe jam lima sore kami bekerja," ujar Mesak, saat ditemui di tempat kerjanya, Sabtu (9/12/2017).
Mesak dan Markus, saat sedang melayani pelanggan cucian motornya - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Tempat pencucian motor di kota Sentani saat ini sudah cukup banyak. Dari aktivitas ini jarang ditemui anak asli Papua yang bekerja di tempat tersebut. Mesak, Markus, dan Ronald adalah tiga sedikit anak Papua yang bekerja di sektor nonformal ini.

Mereka bertiga berasal dari kampung yang sama, Wouna distrik Depapre kabupaten Jayapura. Saat ini sedang duduk di bangku kelas XI STM N 1 Sentani dan bekerja di tempat pencucian motor di Doyo Baru.

"Kerja cuci motor setelah pulang sekolah. Kebetulan orang tua juga tinggal di kompleks perumahan Pemda Doyo Baru. Setelah pulang sekolah dari jam satu siang sampe jam lima sore kami bekerja," ujar Mesak, saat ditemui di tempat kerjanya, Sabtu (9/12/2017).

Mesak mengatakan hasil yang didapat dari kerja cuci motor digunakan untuk membantu kedua orang tuanya membayar uang sekolah dan keperluan sehari-harinya. 

Menurutnya, jumlah pencucian motor akan padat ketika sehari sebelumnya turun hujan. Pendapatan juga disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang dicuci setiap hari karena tidak ada upah bulanan. 

"Harga cuci motor besar Rp 25 ribu, motor kecil Rp 20 ribu. Kami yang bekerja disini diberikan Rp 8 ribu per motor. Jumlah kendaraan akan banyak ketika kemarin (sehari sebelumnya) hujan turun, pasti kendaraan kotorakan ramai-ramai menuju tempat cucian. Paling sedikit setengah hari bisa mencapai 10 sampai 15 motor," jelasnya.

Senada yang disampaikan Mesak, Markus yang juga bekerja di tempat yang sama, mengatakan sangat menikmati pekerjaan yang saat ini sedang digelutinya. 

"Orang tua bilang harus pintar cari uang, biar sedikit tetapi bisa digunakan untuk kepentingan sehari-hari seperti ongkos taksi ke sekolah dan kebutuhan lain. Kerja disini baru jalan tiga bulan. Desember ini juga kita ada usaha untuk dapat hasil lebih supaya bisa beli baju Natal," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Jalan rusak dimanfaatkan warga mengais rejeki

Selanjutnya

UPTD Pasar akan tata ulang zonasi di pasar Pharaa 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat