Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Hanya ada enam dosen asli Papua di Kopertis XIV
  • Senin, 11 Desember 2017 — 09:46
  • 954x views

Hanya ada enam dosen asli Papua di Kopertis XIV

"Dari 106 tenaga dosen yang saat ini mengajar di berbagai perguruan tinggi swasta di wilayah ini hanya enam orang yang merupakan putra asli daerah ini," kata Koordinator Kopertis XIV Papua dan Papua Barat, Dr Sueriel Mofu, M.Phil, saat dihubungi di Biak, Senin (11/12/2017).
Ilustrasi.kopertis14.or.id
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Biak, Jubi - Kopertis XIV Papua dan Papua Barat hingga akhir tahun 2017 ini masih kekurangan tenaga dosen yang merupakan warga asli setempat guna ditempatkan di 60 perguruan tinggi swasta di wilayah timur Indonesia itu.

"Dari 106 tenaga dosen yang saat ini mengajar di berbagai perguruan tinggi swasta di wilayah ini hanya enam orang yang merupakan putra asli daerah ini," kata Koordinator Kopertis XIV Papua dan Papua Barat, Dr Sueriel Mofu, M.Phil, saat dihubungi di Biak, Senin (11/12/2017).

Ia mengatakan dalam upaya memenuhi kebutuhan dosen orang asli Papua, pihaknya melakukan tiga opsi, diantaranya mengangkat ASN pemerintah alih lembaga yang memenuhi syarat akademik.

Opsi lain diajukan Kopertis XIV dalam upaya memenuhi dosen dari warga asli, menurut Sueriel Mofu, yakni merekrut dosen dengan klasifikasi magister (S-2) serta mengangkat program affirmasi sarjana (S-1) khusus orang Papua untuk selanjutnya diberikan beasiswa menempuh pendidikan.

"Kebutuhan dosen di wilayah Kopertis XIV Papua dan Papua Barat mencapai 381 orang. Jumlah ini sangat besar untuk memenuhi kebutuhan tenaga akademik di sekitar 60 perguruan tinggi swasta," ujar Sueriel Mofu.

Dia berharap dengan terobosan yang dilakukan Kopertis XIV dalam memenuhi kebutuhan tenaga dosen khusus orang asli Papua diharapkan dapat membantu penyediaan tenaga dosen ASN.

Menyinggung kesiapan perubahan status Kopertis XIV menjadi lembaga layanan pendidikan tinggi, menurut mantan rektor Unipa Manokwari itu, secara kelembagaan sudah siap berubah secara nasional ditargetkan tahun 2018.

"Kami sudah menyiapkan 20 hektare lahan untuk di wilayah distrik Biak Kota. Tahun 2018 secara bertahap akan dibangun gedung perkantoran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Papua dan Papua Barat sebagai bagian kelembagaan Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan data hingga tahun akademik 2017/2018 status akreditasi sekitar 60 perguruan tinggi swasta di Provinsi Papua dan Papua Barat masih dominan terakreditasi B dan C. (*)

loading...

Sebelumnya

TK Marthen Luther Abepura ibadah Natal

Selanjutnya

Tunggu terima rapor, siswa SMPN 1 Sentani gelar lomba antar kelas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe