Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kabupaten Jayapura, pilot project sistem pemerintahan kampung adat 
  • Senin, 11 Desember 2017 — 15:06
  • 757x views

Kabupaten Jayapura, pilot project sistem pemerintahan kampung adat 

Bupati terpilih, Mathius Awaoitauw, menjelaskan program kampung adat di kabupaten Jayapura mendapat respon positif dari Kementerian Desa. Isi UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa semuanya ada di Kabupaten Jayapura melalui program ini. Dalam waktu dekat Kabupaten Jayapura akan menjadi pilot project nasional untuk sistem pemerintahan kampung adat.
Bupati dan Wakil Bupati Jayapura terpilih saat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dalam acara syukuran suksesi pilkada kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi – Besok, 12 Desember 2017adalah hari bersejarah bagi masyarakat kabupaten Jayaura. Mathius Awoitauw dan Giri Wijiyantoro akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jayapura periode 2017-2022. Pelantikanakan dilaksanakan di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura. 

Ditemui dikediamannya, Mathius Awoitauw menegaskan program kampung adat dan kabupaten layak anak tetap menjadi prioritas program kerja pemerintahannya. Di samping itu juga sektor pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat akan terus ditingkatkan.

"Indeks pembangunan manusia kita sudah meningkat. tingkat kriminalitas berkurang, angka kemiskinan menurun, dan tingkat pendapatan ekonomi masyarakat juga semakin tinggi. Hal-hal ini menjadi indikator peningkatan proses pembangunan yang sudah kita laksanakan. Lima tahun lalu memang waktu yang tidak cukup karena tiga tahun harus saya berjalan sendiri tanpa ada wakil dan proses pilkada yang berjalan hampir satu tahun. Tetapi pola pikir masyarakat di daerah ini yang sudah berkembang membuat semua berjalan baik. Contohnya, pilkada bisa berjalan aman tanpa konflik," kata Mathius Awoitauw, Senin (11/12/2017).

Dijelaskan, program kampung adat di kabupaten Jayapura mendapat respon positif dari Kementerian Desa. Isi UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa semuanya ada di Kabupaten Jayapura melalui program ini. Dalam waktu dekat Kabupaten Jayapura akan menjadi pilot project nasional untuk sistem pemerintahan kampung adat.

"Program kampung adat tetap menjadi prioritas karena sumber daya alam yang kita miliki dan luas wilayah 17.500 kilometer persegi dikuasai masyarakat adat. Karenanya, pembangunan ke depan tetap berbasis pada sumber daya alam atau kearifan lokal. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden tentang pembangunan yang dimulai dari pinggiran dan desa-desa. Pemerintah kabupaten Jayapura akan tetap pada jalur kebijakan Pemerintah provinsi Papua dan juga pemerintah Pusat. Tugas kita saat ini adalah membuka ruang dan kesempatan kepada masyarakat adat serta meningkatkan kapasitas mereka dalam melaksanakan apa yang menjadi program kerja yang bersinergi dengan pihak terkait serta khusus kepada pemerintah daerah," kata Awoitauw menjelaskan.

Terpisah,Origenes Kawai, tokoh masyarakat adat di daerah ini yang juga legislator Papua, mengajak semua pihak kembali bersama-sama dengan Bupati terpilih guna melaksanakan semua program pembangunan yang ditetapkan lima tahun mendatang.

"Politik itu begitu sudah. Tetapi setelah pilkada selesai, semua yang pernah berseberangan dan tidak sepaham harus kembali bersatu untuk membangun daerah yang kita cintai. Mathius Awoitauw terpilih menjadi Bupati Jayapura bukan bupati partainya atau partai yang lain serta tim suksesnya. Dia adalah milik kita bersama sebagai warga masyarakat kabupaten Jayapura. Oleh sebab itu saya juga berpesan kepada pemimpin yang baru agar dalam kepemimpinannya tetap melihat dan mengutamakan kepentingan kita sebagai masyarakatnya di atas semua kepentingan," ungkapnya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Selasa (12/12/2017) Bupati Jayapura dilantik

Selanjutnya

Bupati terpilih ajak rival Pilkada kembali bersatu membangun daerah 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe