Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Penjualan babi di Paniai diperkirakan naik 20 persen
  • Senin, 11 Desember 2017 — 23:54
  • 4627x views

Penjualan babi di Paniai diperkirakan naik 20 persen

Tingginya permintaan biasanya di atas tanggal 20 Desember.
Babi seharga Rp30 juta yang dijual oleh pedagang ada dalam kandang, Senin, (11/12/2017) – Jubi/Abeth You
Abeth You
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Paniai, Jubi – Para peternak di Kabupaten Paniai memperkirakan penjualan babi  mendekati Natal nanti  bakal naik 20 persen. Tingginya permintaan biasanya di atas tanggal 20 Desember.

“Mengingat pengalaman pada tahun sebelumnya, kami mulai menambah stok babi sepekan menjelang Natal,” kata peternak babi di Enarotali, Paul Tampubolon, Senin, (11/12/2017).

Ia mengaku  saat ini permintaan masih stabil, sedangkan kenaikan akan semakin tinggi saat pekan menjelang tahun baru karena tingkat konsumsi masyrakat terhadap daging babi semakin tinggi. “Kami yakin seminggu menjelang tahun baru akan meningkat lagi,” kata Paul menambahkan.

Sebagian penduduk di Paniai memelihara babi untuk menopang kebutuhan ekonomi mereka, keuntungan yang diperoleh dari penjualan hewan ternak itu tinggi dan menggiurkan. Rata-rata mereka menjual dalam hitungan ekor bukan kiloa. Paul menyebutkan nilai harga diukur dari besaran babi.

“Harga terendah itu Rp 4 juta, tertinggi mencapai Rp30 juta. Kecuali tanggal 24 dan 25 itu kami jual per kilo,” katanya.

Sejumlah peternak babi di Kabupaten Paniai mengakui permintaan babi menjelang Natal masih stabil, mereka mengaku permintaan belum meningkat sehingga belum berpengaruh terhadap kenaikan harga. Paino, peternak babi lain mengaku mendekati Natal nanti dirinya akan menambah jumlah stok babi dari biasanya.

“Hari biasa hanya menyediakan 20 ekor babi, mendekati Natal nanti akan menambah 20 ekor lagi,” kata Paino .

Rata-rata ia menjual babi per ekor seharga Rp 6 juta, ia mengaku sudah punya pelanggan yang memesan hingga tiga ekor dalam sekali pesan.

 “Saya punya sudah tiga ekor dipesan sama langganan. Nanti sudah dekat natal, mereka tinggal mengambil,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pencabutan izin MAF, warga pedalaman Papua terancam terisolasi

Selanjutnya

Bulog pastikan pasokan pangan aman

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe