Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Kota Jayapura menuju kota modern
  • Selasa, 12 Desember 2017 — 15:57
  • 722x views

Kota Jayapura menuju kota modern

Arah pertumbuhan Kota Jayapura itu sebagai kelanjutan smart city yang sebelumnya dianugerahkan dari sebuah perusahaan provider telekomunikasi nasional.
Wali kota Jayapura diampingi kepala dinas pendidikan Kota Jayapura, dan kepala Telkom ketika melaunching SIMAS di Halaman SMA Negeri 4 kota jayapura - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi –Jayapura menjadi salah satu kota di Indonesia menuju kota modern. Arah pertumbuhan Kota Jayapura itu sebagai kelanjutan smart city yang sebelumnya  dianugerahkan dari sebuah perusahaan provider telekomunikasi nasional.

“Menuju kota modern itu setelah itu kami mendapatkan penghargaan sebagai kota smart city. Penghargaan ini diterima lantaran upaya pemerintah menata Kota Jayapura menuju kota yang modern,” kata Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, di SMU Negeri 4 Kota Jayapura, Selasa (12/12/2017).

Ia mengaku arah perkembangan kota modern yang setara dengan daerah lain secara nasional itu dibutikan dengan  talkshow bersama wali Kota Surabaya, Batam dan Bengkulu di istana presiden.  

“Itu setelah itu kami mendapatkan penghargaan sebagai kota smart city. Penghargaan ini diterima lantaran upaya pemerintah menata kota Jayapura menuju kota yang modern,” kata Tomi menjelasan.

Menurut dia banyak hal yang dilakukan sehingga mampu menempatkan Kota Jayapura berada pada urutan ke dua setelah Jogjakarta dengan sekolah yang berbasis IT dari 543 Kabupaten dan Kota secara nasional .

Tercatat ada enam kota besar di Indonesia, termasuk Kota Jayapura yang masuk dalam level kota cerdas atau smart city menuju menuju kota modern. Salah satu indikator kota cerdas yang dimaksud semua wilayahnya sudah menggunakan sistim IT.

“Baik birokrasi kota, dunia pendidikan sampai kepada dunia kesehatan sudah menggunakan sistim IT. Layanan publik seperti p[uskemas, perizinan hingga pendapatan asli daerah berbasis IT,” kata Tomi menjelaskan.

Kepala sekolah SMU Negeri 4 Kota Jayapura, Laba Sembring, mengatakan saat ini telah memanfaatkan aplikasi smart city di sekolah yang ia kelola. Sistem itu menggunakan aplikasi berbasis android di sekolah.

“Namun penerapan aplikasi ini seperti dua mata pisau, yakni pertama untuk menggunakan mata pelajaran,” kata Laba.

Ia berharap penggunaan aplikasi ini tidak disalahgunakan ke hal di luar kepentingan pendidikan. Ia mengaku sudah mengantispasi agar siswa sekolah tidak lagi menggunakan android hanya untuk bermain di media sosial.

 “Kami melarang  tapi juga memberikan jalan keluar agar bisa tetap inovatif dan punya terobosan,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Penghuni Panti Bina Lansia Pos VII mulai tempati gedung baru

Selanjutnya

Konsumen minta pedagang tak mainkan harga di pasar-pasar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe