Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Saireri
  3. Lapas Nabire minim fasilitas
  • Rabu, 13 Desember 2017 — 15:59
  • 951x views

Lapas Nabire minim fasilitas

Kondisi itu tak dipungkiri sering menimbulkan penghuni atau nara pidana Lapas kabur.
Kantor lapas Nabire,-Jubi/Dok
Abeth You
Editor : Edi Faisol
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Nabire, Jubi – Lembaga pemasyarakatan Nabire minim fasilitas penunjang untuk pengawasan maupun membina penghuni. Kondisi itu tak dipungkiri sering menimbulkan penghuni atau nara pidana Lapas kabur.

“Lapas tersebut tanpa adanya Closed Circuit Television (CCTV), maka sulit dalam pemantaun kepada napi,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Nabire, Sopian Palu, kepada Jubi, baru-baru ini.

Tak adanya fasilitas pengawasan elektronik itu sulit mengontrol penghuni sehingga tindak pelarian warga binaan lebih muda dilakukan. Selain itu Sopian mengaku personil di Lapas nabire juga terbatas, ditambah dengan sarana dan prasarana  yang tidak memadai.

Ia berharap kementerian hukum dan HAM mengunjungi Lapas Nabire  melihat dari secara langsung sejumlah kekurangan itu. “Saya sangat berharap tim harus turun untuk membenahinya," katanya.

Selain faktor keamanan,  pengawasan terhadap tahananpun sangat penting. Apa lagi belum lama ini terdapat  delapan Napi  kabur  sehingga itu diharapkan menjadi pembelajaran internal Lapas Nabire ke depan.

Saat ini Lapas Nabire menggunakan metode pembinaan dengan harapan agar tidak ada lagi warga binaan Lapas Nabire yang kabur.

Rahman, seorang petugas Lapas Kelas IIB Nabire, mengatakan infrastruktur bangunan Lapas punya kelemahan tidak ada pagar pembatas dari kamar menuju tembok keliling.

“Sehingga dari kamar Napi bisa langsung menuju tembok keliling, dan memang sangat riskan pada saat yang narapidana ini berada di balik kamarnya,” kata Rahman.

Kapasitas Lapas sudah overload karena melebihi kapastias yang seharunya untuk 150 napi. “Tapi jumlah warga binaan sudah mencapai 160 orang,” katanya.

Napi di Lapas Nabire  dijaga oleh 49 personil,  dengan regu jaga per sif lima orang. (*)

 

loading...

Sebelumnya

PBSI cabang Nabire gelar Nabire Open 2017

Selanjutnya

BFC menghias Tugu Roket di Nabire jadi pohon Natal

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe