Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Pemkot Jayapura kembali menerima penghargaan smart city
  • Kamis, 14 Desember 2017 — 15:19
  • 621x views

Pemkot Jayapura kembali menerima penghargaan smart city

kali ini penghargaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan kategori Ekosistem Inovasi, Smart Economy dan Smart Mobility.
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano Wakil Wali Kota Jayapura Haji Rustan Saru Bersama Asisten III Kota Jayapura Frans Pekey ketika menunjukkan penghargaan yang diterima belum lama ini - Jubi/Hengky Yeimo.
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kota Jayapura kembali mendapat penghargaan sebagai Smart City, kali ini penghargaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan kategori Ekosistem Inovasi, Smart Economy dan Smart Mobility.

“Penghargaan ini menjadi alat mewujudkan tujuan akhir dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Sekda Kota Jayapura, Frans Pekey, saat acara Monitoring Meja di Aula Sian Sioor, Kamis (14/12/2017).

Menurut dia, penghargaan itu diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Intitut Teknologi Bandung ITB).

"Ini sebagai agar kota di Indonesia berkompetisi dan berkolaborasi mewujudkan kota cerdas," kata frans menambahkan .

Tercatat setiap dua tahun sekali, ITB dipercaya meguji rating atau pemeringkatan terhadap kota-kota di Indonesia.

Sebelum mendapat penghargaan sebagai kota cerdas, ITB telah menggelar survei pada tanggal 2 Agustus 2017, sekaligus pengambilan data untuk mengukur rating. Tercatat ada 13 kategori yang disampaikan, namun rata-rata kota belum mencapai kualifikasi smart city.

Frans mengakui penghargaan dari aspek inovasi belum diimbangi dari masing-masing OPD  yang terintegrasi dan keberlanjutan.

"Pemkot belum optimal untuk melibatkan sektor swasta dan peran aktif masyarakat, jika terdapat integrasi dan konektifitas di dalamnya maka bisa mewujudkan smart city," kata Frans menambahkan.

Program smart city itu menjadi kebijakan Wali Kota Jayapura sebagai program strategis dalam RPJMD 2018-2022. Awal tahun 2018 kita akan melakukan MoU dengan ITB mendorong kekurangan. "Sehingga kita bisa menyusun route map pengembangan smart city ke depannya," katanya.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menyatakan penghargaan itu diharapkan dapat menggenjot semangat melayani masyarakat.

"Kami juga akan melibatkan BUMN dan BUMD dalam mengisi pembangunan di kota Jayapura,” kata Tomi .

Sejumah hal yang sudah dilakukan di antaranya dengan Telkom untuk pengembangan aplikasi SIMAS di SMU Negri 4 Kota Jayapura. Sedangkan subtansi smart City adalah upaya bagaimana bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Saya berharap masyarakat juga harus mendukung program kerja pemerintah kota Jayapura," katanya.(*)

loading...

Sebelumnya

Realisasi pembangunan Fisik Kota Jayapura 96,11 persen

Selanjutnya

Dosen tari sayangkan tak ada gedung pertunjukan seni di Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe