Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. BI Papua siapkan uang kartal Rp 4 triliun
  • Kamis, 14 Desember 2017 — 18:29
  • 926x views

BI Papua siapkan uang kartal Rp 4 triliun

BI mencatat proyeksi kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2018 di perbankan akan dimulai tanggal 14 Desember hingga 5 Januari 2018. 
Uang kartal pecahan baru emisi 2016 yang disiapkan BI Papua - Jubi/Sindung 
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KpW) Papua menyiapkan kebutuhan uang kartal sekitar Rp 4 triliun.

Kepala BI Papua, Joko Supratikto, mengatakan uang itu disiapkan karena pihaknya memprediksi kebutuhan uang kartal hingga akhir tahun mencapai Rp 4 triliun. 

BI mencatat proyeksi kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2018 di perbankan akan dimulai tanggal 14 Desember hingga 5 Januari 2018. 

Peningkatan kebutuhan akan uang kartal menjelang Natal dan Tahun Baru ini dipicu beberapa factor,  yakni meningkatnya kebutuhan uang kartal untuk perayaan Natal dan Tahun Baru, pemenuhan kebutuhan rutin perbankan seperti gaji bulanan dan pemenuhan kebutuhan ATM selama libur Natal dan Tahun Baru, dan pada akhir tahun sebagian akan direalisasikan dana-dana di berbagai kas pemerintah daerah.

Joko menambahkan Bank Indonesia akan bekerja sama dengan perbankan di Papua untuk selalu mengedarkan uang yang layak edar termasuk dibantu tujuh kas titipan dan kas keliling. 

"BI akan menjamin atas ketersediaan uang kartal dan kami terus melakukan kas keliling di berbagai pusat keramaian untuk menjamin ketersediaan mata uang rupiah di masyarakat," katanya.

Ia memprediksi kenaikan permintaan ini berada di kota-kota besar di Papua seperti Timika, Jayapura, Nabire, dan Merauke. 

Dirut Utama Bank Papua, F Zendrato, beberapa waktu lalu mengungkapkan persiapan uang kartal pihaknya sebesar Rp 2-3 triliun. 

“Iya, kami siapkan Rp 2-3 Triliun yang akan terbagi di kantor cabang di seluruh Papua dan Papua Barat,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pelindo resmi operasikan dua RTG baru di pelabuhan Jayapura

Selanjutnya

Penjual petasan dan kembang api mulai ramai di Sentani

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe