Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Waspadai pertambangan ilegal yang libatkan warga asing
  • Sabtu, 16 Desember 2017 — 23:49
  • 3920x views

Waspadai pertambangan ilegal yang libatkan warga asing

Kasus pertambangan ilegal yang melibatkan warga negara asing harus terus diantisipasi. Kasus tersebut tak hanya terjadi di Papua Barat. "Terutama yang berasal dari negara Tiongkok. Ini perlu mendapat perhatian serius. Di Puncak, Jawa Barat, warga asal Tiongkok menjadi petani cabai," kata anggota Komisi III DPR RI, Irma Suryani Ranik.
Ilustrasi, aktivitas penambangan ilegal di Papua – Jubi/IST
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Manokwari, Jubi - Kasus pertambangan ilegal di provinsi Papua Barat dinilai perlu diantisipasi terus-menerus.

Anggota Komisi III DPR RI, Irma Suryani Ranik, pada pertemuan bersama Polda Papua Barat, Kejaksaan Tinggi Papua, Pengadilan Tinggi Papua, dan BNN Papua Barat di Manokwari, Jumat (15/12/2017), mengapresiasi Polda Papua Barat dalam penanganan kasus pertambangan ilegal yang melibatkan lima warga Tiongkok.

Menurut dia, kasus pertambangan ilegal yang melibatkan warga negara asing harus terus diantisipasi. Kasus tersebut tak hanya terjadi di Papua Barat.

"Terutama yang berasal dari negara Tiongkok. Ini perlu mendapat perhatian serius. Di Puncak, Jawa Barat, warga asal Tiongkok menjadi petani cabai," kata dia.

Menurut dia, penanganan migrasi ilegal warga Tiongkok ke Indonesia cenderung lebih sulit sebab ciri-ciri fisik warga Tiongkok ada kemiripan dengan warga dari beberapa suku di Indonesia.

"Seperti saya orang Dayak, ada di antara kami yang kulitnya putih dengan wajah mirip dengan orang asing," katanya.

Ia mengemukakan Tiongkok memiliki sumber daya manusia melimpah dan keahlian cukup mumpuni. Di sisi lain, warga Tiongkok rata-rata memiliki semangat kerja tinggi.

Negara tersebut terus berusaha menguasai pasar tenaga kerja di beberapa negara, sebab populasi penduduk negara ini sangat besar.

Lima warga Tiongkok beberapa bulan lalu tertangkap dalam operasi yang dilaksanakan Polda Papua Barat. Mereka kedapatan melakukan kegiatan penambangan ilegal di wilayah Kebar Kabupaten Tambrauw. (*)

loading...

Sebelumnya

Terbentur moratorium, penerimaan calon hakim tunggu empat tahun lagi

Selanjutnya

Perda investasi untuk pacu PAD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe