close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Fakta tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK untuk Papua, tak seindah harapan
  • Selasa, 19 Desember 2017 — 07:01
  • 5082x views

Fakta tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK untuk Papua, tak seindah harapan

“Fisik yang paling mudah dilakukan dan mudah dilihat hasilnya. Hal lain harus disesuaikan agar infrastruktur bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Adriana menambahkan.
Para narasumber Seminar Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi - JK untuk Papua berfoto bersama usai seminar - Edi Faisol/Jubi
Edi Faisol
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jakarta, Jubi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai masih ada sejumlah catatan perjalanan pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla selama tiga tahun membangun Papua. Selama ini pemerintah diakui mampu membangun infrastruktur, namun sektor lain masih tertinggal, termasuk  hak azasi manusia  (HAM) yang dinilai belum tuntas.

“Karena integrasi di Papua tak hanya sosial politik, dan ekonomi.  Tapi juga budaya, bisnis yang tak bertangung jawab  menjadikan orang Papua justru akan tersingkir,” kata peneliti tim kajian Papua, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elizabeth, saat presentasi  seminar Tiga tahun pemerintahan Jokowi JK untuk Papua, di kantornya, Senin (18/12/2017)

Selama ini pemerintah mengajak publik mengapresiasi apa yang dilakukan, meski meski prioritas pembangunan masih fisik.  “Fisik yang paling mudah dilakukan dan mudah dilihat hasilnya. Hal lain harus disesuaikan agar infrastruktur bisa bermanfaat bagi masyarakat,” kata Adriana menambahkan.

Ia menyebutkan infrastruktur sosial Papua masih minim. Bahkan dalam kurun tiga tahun ini harus menggenjot infrastruktur sosial untuk ekonomi Papua. Sedangkan sektor pendidikan dan kesehatan masih menunggu dan dinilai penting untuk membangun martabat hak dasar manusia Papua.

Hasil penelitian yang disampaikan sebagai pengantar dalam seminar menyebutkan Papua masih mengalami kekerasan. Termasuk banyak perempuan daerah setempat menjadi korban. Meski ia mengakui, infrastruktur sebagai penopang bisnis, namun ia berharap agar pemerintah mengeluarkan prestasi bagaimana membangun Papua dalam jangka panjang.

Tokoh agama Papua, Pastor John Djonga masih mempertanyakan pemenuhan hak dasar 2,8 juta rakyat Papua. Ia menyebutkan selama ini pemerintahan Jokowi JK telah mengklaim mengeluarkan kartu sehat dan kartu Indonesia pintar.

“Tapi realitas di lapangan tak ada program kesehatan di kampung, termasuk di Saminage Kabupaten Yahukimo 68 orang meninggal. Setiap lahir tak disuntik, petugas tak ada, obat kadaluwarsa,” kata John.

Ia menyebutkan angka kematian di Papua masih tinggi. Tercatat di tolikara lahir 11 orang, namun yang mati 13 orang. “Ini ancaman  suku-suku dan marga di Papua akan punah,” kata John khawatir.

John menyebutkan sekolah yang dirasakan di daerah terpencil Papua hanya tinggal nama, sedangkan guru tak ada, mereka hadir saat ujian kelas dan ujian akhir baru datang.

Ia menuding apa yang dilakukan pemerintah Jokowi selama tiga tahun terakhir ini hanya simbol semua.
“Sedangkan dana otsus seperti melihat gunung. Indah tapi tak terjangkau dinikmati publik,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pertangungjawaban dana desa di Jayawijaya masih minim

Selanjutnya

Tiket penerbangan ekonomi ludes menjelang Natal hingga Tahun Baru

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4953x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4350x views
Domberai |— Minggu, 21 Oktober 2018 WP | 4130x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2554x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe