Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Adat mempunyai nilai unik dan unggul
  • Rabu, 20 Desember 2017 — 13:59
  • 1074x views

Adat mempunyai nilai unik dan unggul

"Setiap kampung harus memiliki sekolah adat. Contohnya kampung Hobong yang sudah ada sekolah adat dan sudah berjalan serta memiliki 75 peserta didik," ujar Bupati Mathius Awoitauw, di Sentani, Rabu (20/12/2017).
Bupati Jayapura saat menghadiri Natal bersama di sekolah adat di kampung Hobong distrik Sentani - Jubi/Engel Wally  
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan nilai-nilai yang terkandung dalam tatanan adat suatu daerah mempunyai keunggulan tersendiri. Setiap orang yang memiliki adat istiadat akan selalu hidup beradab dan mengikuti aturan. Karenanya, setiap kampung di kabupaten Jayapura akan dibentuk menjadi kampung adat.

"Setiap kampung harus memiliki sekolah adat. Contohnya kampung Hobong yang sudah ada sekolah adat dan sudah berjalan serta memiliki 75 peserta didik," ujar Bupati Mathius Awoitauw, di Sentani, Rabu (20/12/2017).

Bupati Mathius menjelaskan yang dipelajari di sekolah adat tidak sama dengan sekolah formal. Oleh sebab itu, adat disebut memiliki nilai-nilai yang sangat unik dan unggul. Di sekolah adat , anak didik diajak belajar semua hal terkait tradisi dan budaya, seperti belajar bahasa Sentani, ukiran, pahat, seni tari, serta tata krama yang juga termuat dalam ajaran agama

Ditambahkan, pencanangan kampung adat dengan tujuan agar setiap orang mengerti dan memahami keberadaan mereka dalam struktur dan tatanan adat itu sendiri. Setiap warga di kampung secara individu tahu jati diri mereka.

"Apa yang patut kita banggakan dari apa yang dimiliki saat ini, selain potensi lokal yang luar biasa diberikan Tuhan. Oleh sebab itu, adat tidak bisa kita permainkan tetapi harus dijaga dan pelihara serta hidup berdasarkan tatanan adat yang berlaku," katanya.

Kepala Sekolah Adat Hawey Permai Kampung Hobong Distrik Sentani, Origenes Monim, mengatakan sejak diresmikan pemda beberapa bulan lalu, sekolah ini sudah memiliki puluhan siswa. 

"Awal pendaftaran mencapai 100 peserta. Sekarang yang aktif sekitar 75 siswa. Kita juga memiliki panduan belajar secara berjenjang dengan tahapan masing-masing, baik yang belajar seni pahat, ukir, maupun tari dan lagu. Ada juga bahasa Sentani dan struktur tatanan keluarga dengan berdasarkan tugas dan fungsi masing-masing," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

UMK Jayapura Rp 3,118 juta, berlaku mulai Januari 2018

Selanjutnya

Distrik, pusat informasi dan pembangunan kampung

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe