Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pesan Natal ULMWP : 2018 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi sejarah West Papua
  • Rabu, 27 Desember 2017 — 04:10
  • 9471x views

Pesan Natal ULMWP : 2018 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi sejarah West Papua

Yang paling penting di tahun 2017, kita rakyat West Papua telah membuat aspirasi dan tuntutan kami secara jelas dalam Petisi Rakyat West Papua yang luar biasa.
Aksi demonstrasi perempuanWest Papua menuntut referendum di Tanah Papua - kunumewone.wordpress.com
Victor Mambor
Editor :
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

ATAS nama United Liberation Movement for West Papua West Papua (ULMWP) dan rakyat West Papua , saya berharap semua orang West Papua dan semua pendukung internasional merayakan Natal yang sangat bahagia dan Tahun Baru yang Damai.

Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat penting bagi West Papua dan perjuangan kita untuk kebebasan. Kita telah melihat kesatuan perjuangan kita, baik di dalam maupun di luar West Papua membawa momentum yang luar biasa untuk perjuangan kita. Kita tidak hanya melihat lebih banyak negara yang membela hak penentuan nasib sendiri West Papua di Perserikatan Bangsa-Bangsa, namun kita telah melihat gelombang kesadaran dan solidaritas yang meningkat di semua tingkat, dari seluruh dunia.

Namun, 2017 juga merupakan tahun yang sangat sulit dan menderita bagi West Papua. Sementara teriakan kita untuk kebebasan menjadi semakin keras, respons pemerintah Indonesia menjadi semakin brutal dan kita telah melihat situasi hak asasi manusia menjadi semakin buruk di bawah Presiden Jokowi. Dia tidak mewakili West Papua dan pemerintah dan militernya tidak memiliki hak untuk secara ilegal menduduki West Papua, di mana lebih dari 500.000 orang telah terbunuh.

Pemerintah Indonesia tahu bahwa mereka telah gagal. Mereka tahu bahwa mereka kehilangan kendali atas West Papua dan beralih ke teror massal, penahanan dan "diplomasi ekonomi" dalam usaha untuk berpegang teguh pada warisan kolonial mereka. Kita tidak akan terprovokasi, dan kita tidak akan melepaskan perjuangan kita untuk kebebasan.

Yang paling penting di tahun 2017, kita rakyat West Papua telah membuat aspirasi dan tuntutan kami secara jelas dalam Petisi Rakyat West Papua yang luar biasa. Petisi bersejarah ini diberkati dengan semangat bangsa West Papua. Ini mewakili tulang dan sumber kehidupan kita yang telah dicurahkan dalam perjuangan panjang kita untuk kebebasan. Petisi ini mewakili masa depan orang West Papua. Pada tahun 2018 dan seterusnya, dengan petisi ini, kami akan menunjukkan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dunia 1,8 juta suara di dalamnya, suara orang-orang yang menangis untuk bebas tinggal di tanah kami, di negara kami sendiri.

2018 akan menjadi tahun yang sangat penting dalam sejarah West Papua. Karena sekarang kita beralih dari tingkat nasional ke tingkat internasional, suara orang West Papua akan didengar oleh seluruh dunia. Sudah saatnya dunia mengakui sejarah pengkhianatan dalam Penentuan Pendapat Rakyat  1969, untuk mengakui hak dasar kita dalam menentukan nasib sendiri dan untuk mendengar teriakan kita akan kebebasan. Beberapa kemajuan besar dan masa-masa sulit akan berlangsung secara internasional untuk Papua Barat pada tahun 2018 dan tahun-tahun depan. Kita semua harus tetap bersikap positif dan percaya diri.

Atas nama ULMWP, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada rakyat West Papua atas kesatuan, kekuatan dan keberanian yang luar biasa. Kerja keras dan disiplin membuat sejarah West Papua, dan membawa bangsa kita mencapai tujuan kebebasan penuh kita. Anda semua adalah pahlawan sejati perjuangan kebebasan kita dan semangat luar biasa akan membebaskan bangsa kita. Kita tahu bahwa West Papua akan bangkit dari abu kolonialisme dan akhirnya menjadi bangsa yang bebas dan merdeka.

Karena itu, saya berharap seluruh rakyat West Papua untuk tetap kuat dan tetap bersatu dan damai. Kami bangga menjadi bagian Melanesia dan Kepulauan Pasifik dan sebagaimana motto nasional kita berbunyi, kita adalah One People One Soul. Dari pegunungan ke pantai dan dari pulau ke hutan, kita adalah satu bangsa dengan satu takdir. Apakah kita orang Kristen atau Muslim atau agama apapun, kita akan terus bergerak maju bersama sebagai One People One Soul dalam cinta dan kasih sayang. Harapan dan semangat bangsa ini bersama kita semua.

Pada tahun 2017, kita telah membuat kemajuan besar dalam penyatuan perjuangan kita dan penyatuan bangsa kita dalam menghadapi teror kolonial Indonesia. Musuh kolonial kita berusaha bekerja keras untuk membagi dan memerintah kita tapi itu sudah cukup . Kita akan terus tinggal bersatu dan bekerja sama di bawah bendera UKMWP. Saya mendesak semua kelompok dan faksi, baik di dalam maupun di luar negeri untuk bersatu sebagai satu suara untuk mengakhiri penderitaan di West Papua. Mari kita lihat ke depan dan bekerja sama untuk masa depan yang lebih cerah dalam kebebasan.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang semakin banyak berbicara menentang pendudukan di West Papua. Kami sangat berterima kasih atas tindakan berani orang Indonesia yang sedang berdiri, melakukan demonstrasi dan bahkan ditangkap bersama orang West Papua. Ini adalah momen bersejarah dalam perjuangan West Papua yang bebas dan atas nama rakyat West Papua, saya menghimbau orang-orang Indonesia yang baik pada tahun 2018 dan seterusnya untuk terus menunjukkan solidaritas kepada kami dan mendukung hak fundamental kami untuk menentukan nasib sendiri dan kebangsaan kami. Saya juga mendesak untuk mencari tahu tentang sejarah sejati  West Papua dan melihat sendiri bahwa kita berjuang untuk bebas seperti Indonesia berjuang untuk bebas pada abad ke-20.

Perjuangan kita tidak melawan bangsa Indonesia tapi bertentangan dengan sistem kolonialisme dan rasisme yang terus menjaga West Papua di bawah pendudukan militer demi keuntungan. Kami adalah manusia seperti yang lainnya. Setelah West Papua mandiri dan bebas, saya yakin sepenuhnya bahwa kami akan menjadi tetangga yang baik bagi Indonesia.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pendukung kami di seluruh dunia atas solidaritas dan dukungan luar biasa mereka untuk Papua Barat. Usaha  yang luar biasa benar-benar telah melakukan banyak hal untuk membantu kami bergerak jauh di sepanjang jalan menuju kebebasan. Anda adalah suara rakyat West Papua dan masa depan kami bergantung pada cinta dan kasih sayang. Atas nama rakyat West Papua, saya menghimbau semua pendukung dan setiap kelompok solidaritas untuk terus memberikan dukungan luar biasa pada tahun 2018 dan seterusnya. Anda semua akan hidup untuk melihat hasil kerja keras nnda, karena akhirnya West Papua akan bebas.

Sebagai Ketua ULMWP, saya merasa terhormat untuk memimpin rakyat saya. Di bawah kepemimpinan saya, saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda semua; semua orang di West Papua dan semua orang dalam solidaritas di seluruh dunia. Mari kita bersatu dan bekerja sama untuk mengakhiri penderitaan dan mewujudkan solusi damai, West Papua yang bebas.

Natal adalah saat untuk sukacita, kebahagiaan dan harapan. Selama Natal, saya memikirkan orang-orang West Papua yang tidak memiliki kesempatan untuk menikmati kedamaian dengan keluarga mereka; seperti tahanan politik di penjara, para orang tua kita yang tak kenal lelah di hutan dan ribuan pengungsi West Papua. Hatiku, pikiran dan doaku ada bersamamu. Ketahuilah bahwa anda tidak pernah dilupakan tapi anda dan semangat luar biasa anda akan selalu terus diingat. Pertarungan ini bukanlah pperjuangan yang mudah. Ini adalah perjalanan yang panjang, tapi kita harus tetap percaya diri dan tahu di hati kita bahwa suatu hari kita akan bebas. Kita bisa melakukannya. Kita akan melakukannya.

Sekali lagi atas nama ULMWP dan masyarakat West Papua, saya ingin mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru yang Damai. Akan datang suatu hari ketika kita semua merayakan Natal dan Tahun Baru di West Papua yang bebas.

Tuhan Memberkati  dan salam hangat untuk anda semua

Benny Wenda
Pemimpin Kemerdekaan Papua Barat
Ketua ULMWP

loading...

#

Sebelumnya

Ada 40 persen saham Rio Tinto di Freeport dalam skema divestasi 51 persen

Selanjutnya

Kepala BPH Migas dan Kapolri, sepakat bentuk satgas terpadu pengawasan BBM Satu Harga

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Kamis, 13 September 2018 WP | 32952x views
Polhukam |— Kamis, 13 September 2018 WP | 8989x views
Polhukam |— Kamis, 13 September 2018 WP | 6508x views
Polhukam |— Jumat, 21 September 2018 WP | 5981x views
Koran Jubi |— Senin, 17 September 2018 WP | 5662x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe