Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Jurnal antropologi Uncen pernah menjaring pelanggan internasional
  • Rabu, 10 Januari 2018 — 19:04
  • 458x views

Jurnal antropologi Uncen pernah menjaring pelanggan internasional

Lembaga media internal jurusan di fakultas FISIP itu fokus menerbitkan hasil penelitian antropologi.
Plt. Ketua Jurusan Antropologi Marlin Flassy, Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo, Johsz Mansoben dan Agapitus Dumatubun dalam perayaan dies Jurusan Antropologi Universitas Cenderawasih – Jubi/ Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Jurnal jurusan antropologi fakultas FISIP Uncen pernah menjaring pelanggan internasional dengan hingga 800 orang akademisi dari dalam dan luar negeri.  Lembaga media internal jurusan di fakultas FISIP itu fokus menerbitkan hasil penelitian antropologi.

“Majalah ini memiliki pelanggang dari berbagai lembaga internasional dan probadi berjumlah 800 dan berasal dari berbagai negara di dunia,” kata dosen senior Antropologi Universitas Cendrasaih, Johz Manzoben, belum lama ini.

Josh Mansoben mengatakan, penelitian ini menjadi keunggulan tersendiri bagi lembaga antropologi. “Karena  setelah kami melakukan penelitian para penulis berasal dari berbagai negara dalam bidang antropologi, linguistik, pendidikan kesehatan, arkeologi dan botani bermunculan,” kata Josh.

Sedangkan kegiatan penelitian antropologi dilaksanakan sejak didirikan lembaga tersebut lahir pada tahun 1963 sampai dengan tahun 1974. Tercatat penelitian tersebut dilakukan oleh Prof. Koentjaraningrat tentang Kebudyaan Orang Bonggo, terutama sistim kekerabatannya. Hasil penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal internasional BKIA.

Selain Prof. Dr. Parsudi Suparlan meneliti tentang kebudayaan orang Arso dipublikasikan Dalam Buletin Of Irian Jaya Development. Drs. Anwas Iskandar juga melakukan penelitan mengenai Orang Mukoku Diterbitkan Dalam Bentuk Buku.

Joshz menyebutkan penelitian lanjutan juga dilakukan sejumlah antropolog di antaranya di bawah Prof. Dr. M.T Walker dari tahun 1972 hingga 1974 dengan hasil penelitiannya Fishing Industry In Jayapura : Market Resources In Jayapura ; Copra Industri in Raja Ampat, Sorong ; Economic and Sosial Change among the Asmats (dalam bahasa asmat papers Volume I; Social structure and Leadership among the asmat (asmat paper volum II).

“Prof. Walker melakukan penelitian di Asmat selama setahun, kami diikutkan tinggal selama setahun disana untuk melakukan penelitian dan hidup bersama dengan masyarakat,” katanya.

Ia berharap agar hari jadi Jurusan Antropologi ditetapkan dalam agenda jurusan untuk diperingati setiap tahun.

Plt. Ketua Jurusan Antropologi FISIP Universitas Cenderawasih, Marlin Falssy mengatakan  banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh dosen, mahasiswa, maupun alumni antropologi. “Tetapi kurangya publikasi hasil peneliatan maupun artikel dan jurnal dan sebagainya,” kata Marlin. 

Saat ini lembaganya mempunyai jurnal yang dikerjakan oleh Jack Morin, meski terbt tidak rutin karena kendala keuangan. “Banyak hal yang kami lakukan tetapi hari ini kami akan refleksi semua yang terjadi agar memajukan jurusan ini kedepan,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

RSUD Paniai mengakui sering kekurangan obat

Selanjutnya

Ketua Jurusan Antropologi apresiasi kontribusi alumni

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe