Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Masyarakat adat Yahukimo dukung Luk-Men
  • Kamis, 11 Januari 2018 — 20:44
  • 679x views

Masyarakat adat Yahukimo dukung Luk-Men

“Semua orang tahu, hanya kk Lukas (Enembe) yang berani bilang ‘tidak’ ke Jakarta demi membela hak-hak orang asli Papua,” ujar Hanis Kambuy.
Kepala Suku Besar Yali, Hanis Kambuy - dok/Jubi
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor : Admin Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Pemerintahan maupun masyarakat Yahukimo, yang diwakili para kepala suku besar, menyatakan dukungan penuh kepada Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM  sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua pada 2019 mendatang. Pasangan Luk-Men tersebut dipilih karena ketokohannya.

Hanis Kambuy, kepala suku besar Yali, bersama tujuh kepala suku besar lainnya dari Kabupaten Yahukimo, telah mengikrarkan janji dukungan tetap kepada Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua dalam pertarungan Pilgub 2019 mendatang. Begitu pula pemerintahan daerah dengan jumlah penduduk terbesar di Papua tersebut.

Hanis Kambuy mengatakan semasa pemerintahan Lukas dan Klemen di Provinsi Papua, keduanya dipercaya masyarakat luas sebagai tokoh besar Papua yang benar-benar berdedikasi bagi kepentingan rakyatnya, terutama orang asli Papua, di era Otonomi Khusus saat ini—meski harus “melawan” Jakarta.

“Semua orang tahu, hanya kk Lukas (Enembe) yang berani bilang ‘tidak’ ke Jakarta demi membela hak-hak orang asli Papua,” ujar Hanis Kambuy, yang ditemui Jubi di Waena, Selasa (11/1/2018).

Hanis Kambuy, yang juga anggota DPRD Yahukimo dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), tersebut mengaku bangga memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur seperti Lukas dan Klemen. “Kami bangga kepada Gubernur karena dia banyak kebijakan-kebijakan kepada Papua, kami 12 suku sudah komitmen dukung sepenuhnya,” katanya.

“Bukan itu saja, apalagi kita dari Partai Amanat Nasional adalah partai pemerintah, yang juga partai koalisi, mendukung Luk-Men. Yahukimo yang akan tutup joker terakhir. Kami sama sekali tidak ragu, kepala-kepala suku dan masyarakat, karena Yahukimo dan Tolikara itu yang menjadi tuan rumah bagi Luk-Men. Itu komitmen kepala suku bersama pemerintah,” ungkap wakil ketua komisi C DPRD tersebut.

Selain Hanis dari Suku Yali, berikut keenam kepala suku besar Yahukimo yang langsung hadir memberikan dukungan pada acara parade budaya Papua dan nusantara, 30 Desember 2017, di lapangan Hawaii, Sentani adalah Ham Heluka (Ngalik), Nodiles Yalak (Kimyal), Kimikene Hesegem (Hubla), Yauli Keikera (Momuna), Lewi Tibul (Meek), dan Yakobus Kisamlu (Una Ukam).

Dukungan senada, disampaikan Ketua DPW Partai Amanat Nasional Wilayah Papua, Abock Busup, MA, yang juga Bupati Kabupaten Yahukimo. Ia menyatakan kepercayaan atas sosok Lukas dan Klemen datang dari dewan pengurus pusat (DPP) hingga tingkat DPD kabupaten/kota karena ketokohan mereka memimpin provinsi Papua. “Ini adalah hasil keputusan di daerah yang ditandatangani 29 Ketua DPD PAN Kabupaten/Kota, sehingga keputusan ini bersifat mutlak karena ini keputusan tertinggi,” katanya.

Selain itu, bagi Abock, paslon incumbent ini memiliki peluang yang tinggi. Dari 10 parpol, 9 partai di antaranya telah resmi mendaftarkan Luk-Men ke KPU Papua, Senin (9/1/2018). Ketua Tim Koalisi Papua Bangkit Jilid II, Mathius Awoitauw, SE, MSi, menuturkan setelah verifikasi KPU Papua, partai pendukung pasangan Luk-Men kini menjadi 9 partai dari 10 partai yang menghadiri deklarasi partai baru-baru ini.

“Partai yang berkoalisi adalah Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PKB, PKS, PKPI, PAN, dan PPP, minus PBB,” jelas Mathius. (*)

loading...

Sebelumnya

Jayawijaya keluarkan kebijakan potong intensif ASN

Selanjutnya

Dukung Luk-Men, Yahukimo minta pemekaran Yalimeek dan Eroma

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe