Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Daerah diminta membentuk koperasi nelayan
  • Selasa, 16 Januari 2018 — 15:57
  • 689x views

Daerah diminta membentuk koperasi nelayan

Keberadaan kelompok dan koperasi itu memudahkan  mendapat bantuan kapal nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Ilustrasi kapal nelayan - IST
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Edi Faisol

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, meminta pemerintah kabupaten dan kota di wilayah pesisir Papua segera membentuk kelompok dan koperasi nelayan. Keberadaan kelompok dan koperasi itu memudahkan  mendapat bantuan kapal nelayan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Karena dari 13 kabupaten dan kota, baru beberapa yang sudah mengambil bantuan kapal nelayan, seperti Sarmi 27 kapal, Waropen 17 kapal, Merauke, Mimika dan Biak Numfor,” kata  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, F.X Mote, kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (16/1/2018).

Mereka sudah mendapat kapal karena sudah membentuk koperasi. Jumlah kapal setiap daerah berbeda karena disesuaikan dengan kemampuan. Sedangkan  pemerintah provinsi hanya memfasilitasi terbentuknya koperasi, kemudian akan dilakukan verifikasi oleh kementerian.

"Jenis kapal berbeda-beda mulai dari 3 GT,  hingga 10 GT, bahkan ada daerah yang menerima sampai dengan 36 GT. Intinya 13 kabupatan pesisir pantai bisa mendapat kapal dari kementerian," ujar Mote menambahkan.

Ia menekankan agar bupati dan kepala dinas harus bekerja keras membentuk kelompok nelayan dan menyiapkan koperasi. Hal itu sebagai tugas pemerintah kabupaten dan kota memfasilitasi memberikan rekomendasi  agar bantuan keluar.

Fitra, seaorang nelayan Kota Jayapura berharap bisa segera mendapat bantuan kapal nelayan dari pemerintah pusat, agar dimanfaatkan masyarakat nelayan melalui kelompok yang sudah terbentuk.

"Program ini sangat baik karena tidak semua nelayan memiliki fasilitas yang memadai, tentu ini harus menjadi perhatian pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan orang Papua," kata Fitra. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Nelayan masih menjadi salah satu fokus RPJMD Papua

Selanjutnya

Papua minta ASN jalankan program lebih baik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4765x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2780x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2681x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe