Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Dewan Pers : Wartawan tim sukses dalam pilkada, non aktif dan mundur
  • Kamis, 18 Januari 2018 — 16:24
  • 1059x views

Dewan Pers : Wartawan tim sukses dalam pilkada, non aktif dan mundur

"Termasuk wartawan yang menjadi tim sukses calon kepala daerah," ujar Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo di Jakarta, Kamis (18/1/2018).
Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo - beritagar.id
Victor Mambor
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Dewan pers menerbitkan edaran agar wartawan atau jurnalis yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah atau calon legislatif untuk non aktif sebagai wartawan dan mengundurkan diri secara permanen.

"Termasuk wartawan yang menjadi tim sukses calon kepala daerah," ujar Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Surat edaran tersebut kata Yosep telah diterbitkan tanggal 12 Januari lalu.

Wartawan, lanjut Yosep, memiliki kewajiban untuk bersikap independen dan memberitakan peristiwa atau fakta sesuai dengan hati nurani dan menghasilkan berita yang akurat.

"Berita yang dapat dipercaya benar sesuai keadaan obyektif ketika peristiwa terjadi," ujar Yosep.

Pers Indonesia juga harus bisa menjadi wasit dan pembimbing yang adil dalam pelasanaan Pilkada dan bukan justru sebaliknya, menjadi "pemain" yang menyalahgunakan ketergantungan masyarakat terhadap media.

Yosep menambahkan, norma yang berkaitan dengan jurnalis yang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau wakil kepala daerah, termasuk tim sukses, adalah mengundurkan diri secara permanen dari profesi jurnalistiknya. Sebab jika seorang wartawan menjadi kepala daerah/wakil dan tim sukses itu sama artinya dia telah memilih mengabdi pada kepentingan politik pribadi dan golongannya.

"Seorang wartawan yang memutuskan menjadi caleg, calon DPD, tim sukses, kepala daeran atau wakil kepala daera, ia telah kehilangan legitimasi untuk kembali pada profesi jurnalistik," jelas Yosep. (*)

loading...

Sebelumnya

Larang maskapai Indonesia terbang di Eropa, Uni Eropa pilih Papua untuk audit keselamatan penerbanga

Selanjutnya

Presiden tawarkan relokasi warga, Bupati Asmat dan Gubernur Papua menolak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat