Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Tudingan Australia soal hutang dan bantuan Tiongkok ke Pasifik, ini respon PM Samoa
  • Minggu, 21 Januari 2018 — 09:02
  • 1005x views

Tudingan Australia soal hutang dan bantuan Tiongkok ke Pasifik, ini respon PM Samoa

Sebenarnya, bantuan yang diberikan oleh Tiongkok diberikan dalam bentuk hibah dan pinjaman lunak. Pinjaman lunak dari Tiongkok berarti komponen hibah sekitar 27% dibandingkan dengan komponen hibah sebesar 35% atas pinjaman Bank Dunia, IDA, dan ADB.
Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Sailele Malielegaoi - RNZI / Sela Jane Aholelei
Elisabeth Giay
Editor : Zely Ariane
LipSus
Features |
Kamis, 22 Februari 2018 | 22:57 WP
Features |
Kamis, 22 Februari 2018 | 07:49 WP
Features |
Kamis, 22 Februari 2018 | 07:39 WP
Features |
Rabu, 21 Februari 2018 | 13:43 WP

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Samoa, Jubi - Menyusul kritik terhadap bantuan Tiongkok ke Pasifik dari Australia, Perdana Menteri Samoa Tuilaepa Sa'ilele Malielegaoi muncul untuk membela program bantuan tersebut.

 

Dalam wawancaranya dengan koran Savali milik pemerintah yang diterbitkan oleh Kepala Bagian Komunikasi, Funefea'i Dikaiosune Tamali'i, Perdana Menteri Tuilaepa menjawab sejumlah pertanyaan tentang hutang Samoa dan bantuan dari negara lain.

 

Baca Dikritisi Australia terkait bantuan di Pasifik, Tiongkok tidak tinggal diam

 

Perdana Menteri, Anda telah membaca komentar yang dikeluarkan Menteri Pembangunan Australia, Concetta Fierravanti-Wells mengenai bantuan Tiongkok di Pasifik. Apa pendapat Anda soal itu?

 

Tentu saja saya terkejut dengan komentar itu. Mereka sangat menghina para pemimpin negara-negara Kepulauan Pasifik.

 

Bagi saya sebagai Ketua Forum Pemimpin Pasifik, komentar tersebut mempertanyakan integritas, kebijaksanaan, dan kecerdasan para pemimpin Kepulauan Pasifik untuk menilai apa yang baik untuk rakyat kita. Komentar seperti ini dapat merusak hubungan baik antara Australia dan negara-negara Kepulauan Pasifik, khususnya Samoa.

 

Kami sangat menyambut bantuan dari Tiongkok.

 

Sejujurnya, bantuan Tiongkok datang atas permintaan kami. Menteri Pembangunan Australia telah menyebutkan ‘bangunan tak berguna’ dan ‘jalan yang tidak menuju ke mana-mana.’ Bangunan yang didanai oleh Tiongkok seperti gedung pengadilan, rumah sakit, dan gedung pemerintah pusat telah menyediakan fasilitas modern yang meningkatkan lingkungan kerja bagi pegawai-pegawai kami, meningkatkan kualitas kerja dan produktivitas.

 

Menteri Fierravanti-Wells juga mengatakan fasilitas ini sangat mahal dari sisi pinjaman yang diperlukan untuk membangunnya. Sebenarnya, bantuan yang diberikan oleh Tiongkok diberikan dalam bentuk hibah dan pinjaman lunak. Pinjaman lunak dari Tiongkok berarti komponen hibah sekitar 27% dibandingkan dengan komponen hibah sebesar 35% atas pinjaman Bank Dunia, IDA, dan ADB.

 

Dan ini adalah sesuatu yang sudah lama kita bicarakan dengan para pemimpin Tiongkok, untuk meningkatkan komponen hibah dari pinjaman mereka kepada kita, negara bagian Pasifik yang kecil dan berada di garis depan perang melawan perubahan iklim, karena kita adalah orang-orang pertama yang tenggelam saat permukaan air laut naik.

 

Beberapa tahun lalu, ketika pemimpin Tiongkok bertemu dengan para pemimpin Pasifik di Fiji dia memberi tahu kami, para anggota Forum Kepulauan Pasifik yang memiliki hubungan erat dengan Beijing, tentang ketersediaan hibah sebesar AS$ 2 Miliar dan pinjaman lunak senilai AS$ 2 Miliar untuk pembangunan kami.

 

Baca Dua sisi koin bantuan Tiongkok di Pasifik

 

Jadi, ada banyak bantuan yang diberikan atas dasar hibah dan pinjaman lunak dengan  komponen hibah, bantuan inilah yang kami minta kepada Pemerintah Tiongkok agar dapat mempertimbangkan beberapa proyek kami.

 

Apakah Anda setuju dengan komentar bahwa beberapa bantuan Tiongkok  di wilayah Pasifik disalahgunakan?

 

Saya  hanya dapat berbicara untuk Samoa, dan saya sangat tidak setuju dengan komentar itu bila menyangkut Samoa. Dengan mengatakan itu, saya juga harus mengungkapkan penghargaan saya atas bantuan yang diberikan oleh Australia dan Selandia Baru kepada Samoa. Bantuan yang diberikan oleh Tiongkok untuk negara-negara Kepulauan Pasifik itu melengkapi apa yang telah disediakan oleh Australia dan Selandia Baru dan sumber lainnya seperti Jepang.

 

Apa balasan yang diterima oleh Tiongkok?

 

Tiongkok meminta agar kami mengakui Kebijakan Satu Tiongkok dan kami mewajibkan Tiongkok untuk juga mengakui kedaulatan kami. Ini telah menjadi dasar hubungan kita dengan Pemerintah Tiongkok selama 43 tahun terakhir ini.

 

Apakah artinya itu?

 

Ada Tiongkok, dan ada juga Taiwan. Kami hanya mengenal Tiongkok. Negara lainnya di Kepulauan Pasifik mengakui Taiwan. Anda tidak bisa mengenali keduanya. Bagi Samoa, Tiongkok adalah pusat dunia dan Tiongkok adalah negara perdagangan paling kuat di dunia saat ini.

 

Jika Menteri tersebut khawatir tentang pengaruh  Tiongkok, menurut Anda apa yang harus dilakukan Australia?

 

Saya tidak tahu apakah Australia dapat membiayai jenis-jenis bantuan yang dapat diberikan oleh Tiongkok. Bagi Samoa sendiri, Tiongkok telah membantu membangun gedung perkantoran, fasilitas olahraga dan, terminal bandara.

 

Saya berpikir bahwa alih-alih mengkritik bantuan ini dari Tiongkok, Menteri Pembangunan Australia harusnya berterima kasih kepada Tiongkok karena mereka telah melengkapi bantuan dari Australia dan Selandia Baru ke negara-negara Kepulauan Pasifik.

 

Australia dan Selandia Baru belum bisa membiayai semua keperluan kita. Dari situlah bantuan dari Tiongkok telah sangat berguna bagi kita semua.

 

Sekali lagi saya menekankan lagi bahwa untuk Samoa, semua proyek kami yang didanai oleh Tiongkok itu berasal dari hibah atau pinjaman lunak; semua bantuan diberikan berdasarkan apa yang kita minta kepada mereka. Itu berarti jika kita tidak meminta bantaun, Tiongkok mungkin tidak akan pernah datang untuk membantu kita.

 

Dengan cara yang sama, kita juga meminta Australia untuk membantu kita. Oleh karena itu, Tiongkok hanya menanggapi permintaan kita dan proyek yang telah dibangun atau dibiayai oleh Tiongkok sangat bermanfaat bagi negara ini.

Salah satu masalah yang diajukan Fierravanti-Wells berkaitan dengan tingginya biaya pemeliharaan proyek yang dilaksanakan oleh kontraktor Tiongkok, bagaimana pengalaman ini di Samoa?

 

Tidak semua proyek yang dilaksanakan di negara manapun sempurna, beberapa mungkin memiliki kecacatan. Sebagai contoh, di Selandia Baru sebuah masalah besar di media beberapa waktu lalu melaporkan banyaknya bangunan bertingkat yang bocor setelah dibangun oleh kontraktor Selandia Baru yang terkenal.

 

Kita memiliki satu bangunan di kompleks Parlemen yang memiliki beberapa kecacatan dan kontraktor Tiongkok dengan cepat mengirim tim pemeliharaan untuk memperbaikinya, mereka mendengarkan permintaan kami. Ini adalah karakteristik unik dari proyek-proyek yang didanai Tiongkok. Kebijakan perawatan mereka sangat fleksibel.

 

Tuduhan lainnya adalah negara-negara Kepulauan Pasifik menghadapi kesulitan pelunasan pinjaman mereka ke Tiongkok, apa pendapat Anda tentang ini?

 

Dalam hal pinjaman dan keberlanjutan pembayaran hutang, itu adalah masalah antara negara itu sendiri dan lembaga pemberi pinjaman. Untuk Samoa, kita memiliki Kebijakan Pengelolaan Utang sendiri yang sangat kami perhatikan, kami sangat hati-hati untuk memastikan bahwa  kami dapat memenuhi pembayaran setiap tahun.  

 

Anda menyebutkan di awal wawancara bahwa ‘komentar’ yang dikeluarkan oleh Menteri Pembangunan Australia itu meremehkan kami. Menurut Anda, apakah ini akan menciptakan masalah diplomatik bagi Australia di kawasan Pasifik?

 

Yah saya bilang meremehkan tapi hubungan kita terus berlanjut. Ini pastinya akan membahayakan hubungan baik yang dimiliki negara-negara Kepulauan Pasifik dengan Australia. Dan dalam hal ini, saya, sebagai pemimpin Pemerintah Samoa dan Ketua Forum Pemimpin Pasifik saat ini, mengambil kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya atas bantuan yang kami terima dari Australia; tidak hanya atas dasar bantuan anggaran tapi juga bantuan proyek langsung.

 

Jadi terima kasih, atas nama rakyat kita dan para pemimpin Pasifik, kepada pimpinan di Australia.(PINA)

loading...

Sebelumnya

Dua sisi koin bantuan Tiongkok di Pasifik

Selanjutnya

Aktivitas vulkanik meningkat, satu pulau lagi siap evakuasi di PNG

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 6399x views
Pasifik |— Rabu, 14 Februari 2018 WP | 3178x views
Otonomi |— Selasa, 13 Februari 2018 WP | 2704x views
Lapago |— Jumat, 16 Februari 2018 WP | 2314x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe