TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Aktivitas vulkanik meningkat, satu pulau lagi siap evakuasi di PNG
  • Minggu, 21 Januari 2018 — 09:08
  • 1143x views

Aktivitas vulkanik meningkat, satu pulau lagi siap evakuasi di PNG

Pemerintah Provinsi Sepik Timur telah memerintahkan evakuasi terhadap sekitar 3.000 penduduk kampung di Pulau Biem setelah meningkatnya aktivitas vulkanik di pulau itu.
Tim flyover udara mengambil foto perairan yang menguning di Laut sekitar Pulau Biem - ABC/ Supplied: Office of East Sepik Governor.
Elisabeth Giay
[email protected]
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wewak, Jubi - Populasi sebuah pulau vulkanik kedua di grup Kepulauan Schouten PNG telah dievakuasi, di tengah-tengah kekhawatiran akan letusan gunung berapi lainnya.

Pemerintah Provinsi Sepik Timur telah memerintahkan evakuasi terhadap sekitar 3.000 penduduk kampung di Pulau Biem setelah meningkatnya aktivitas vulkanik di pulau itu.

Pulau Biem terletak dekat dengan Pulau Kadovar kecil yang telah dievakuasikan awal bulan ini setelah letusan pertamanya dalam catatan sejarah.

Populasi Pulau Kadovar dipindahkan ke Pulau Ruprup.

Namun pemerintah provinsi mengatakan orang-orang yang telah direlokasikan sebelumnya sekarang harus dipindahkan lagi dari Ruprup karena resiko pulau itu meningkat akibat aktivitas vulkanik disekitarnya yang tampak semakin intensif.

Orang-orang dari pulau itu harus dipindahkan ke daratan dengan bantuan Angkatan Pertahanan PNG dan kapal penangkap ikan setempat.

Sebelumnya pada hari Minggu, Perdana Menteri Peter O'Neill telah mengarahkan semua sumber daya manusia dan sarana prasarana negara yang tersedia untuk mendukung evakuasi orang-orang yang berisiko terkena aktivitas vulkanik di lepas pantai utara daratan PNG.

“Saya telah memberikan wewenang mengerahkan personil dan aset tambahan untuk membantu memindahkan orang-orang yang berada di sekitar gunung berapi,” kata O'Neill yang merujuk pada Pulau Kadovar.

Dia juga memperingatkan semua masyarakat pesisir di wilayah ini untuk waspada terhadap risiko tsunami akibat aktivitas vulkanik.

Baik Pulau Biem maupun Kadovar tidak memiliki teknologi pemantauan seismik, oleh karena itu para ilmuwan dan pihak berwenang memantau gunung berapi dari jalan raya udara dan citra satelit.

“Air laut telah menguning di sekitar Pulau Biem, yang menurut para vulkanolog adalah magma yang bergerak naik, pergerakan magma ini memaksa unsur besi untuk larut ke air laut dan itulah menyebabkan perubahan warna,” Gubernur Provinsi Sepik Timur, Allan Bird.(RNZI)

loading...

Sebelumnya

Tudingan Australia soal hutang dan bantuan Tiongkok ke Pasifik, ini respon PM Samoa

Selanjutnya

Serikat guru Vanuatu ancam tuntut pemerintah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat