Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Daftar Pemilih Referendum Kaledonia Baru dibahas Senat Prancis
  • Minggu, 21 Januari 2018 — 09:16
  • 1259x views

Daftar Pemilih Referendum Kaledonia Baru dibahas Senat Prancis

Sekitar 158.000 orang berhak memilih, namun ini tidak termasuk warga negara yang tiba di Kaledonia Baru setelah tahun 1998.
Senat Prancis majelis tinggi dari Parlemen Prancis - RNZI/ AFP
Elisabeth Giay
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Noumea, Jubi - Senat Prancis dalam waktu satu bulan akan membahas perubahan undang-undang yang diusulkan untuk mengakomodasi daftar pemilih baru dan terbatas yang akan dipergunakan untuk referendum Kaledonia Baru.

Hal ini diumumkan di Noumea oleh Ketua Komisi Hukum Senat, Philippe Bas.

UU tersebut akan menggambarkan kesepakatan politik yang dicapai oleh para penandatangan Perjanjian Noumea akhir tahun lalu yang akan meluruskan jalan agar semua orang yang lahir di Kaledonia Baru, jika mereka telah tinggal di sana selama tiga tahun terakhir, dapat terdaftar.

Kesepakatan itu juga memperbolehkan pendaftaran tambahan otomatis atas lebih dari 7.000 orang Kanaks asli yang memiliki status adat.

Sekitar 158.000 orang berhak memilih, namun ini tidak termasuk warga negara yang tiba di Kaledonia Baru setelah tahun 1998.

Pertanyaan dan kata yang akan digunakan pada saat referendum hingga kini belum disetujui namun Perjanjian Noumea, yang akan berakhir tahun ini, mengatur plebisit tentang apakah wilayah tersebut dapat mencapai kedaulatan penuh.

Referendum  harus diadakan selambat-lambatnya pada bulan November.

Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe telah mengunjungi Kaledonia Baru bulan lalu dan Presiden Prancis Emmanuel Macron dijadwalkan berkunjung pada bulan Mei mendatang.(RNZI)

loading...

Sebelumnya

Serikat guru Vanuatu ancam tuntut pemerintah

Selanjutnya

Masalah sewa perkantoran PNG berlanjut

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe