Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Maluku
  3. Pemberlakuan satu harga BBM perlu dikaji ulang
  • Senin, 31 Oktober 2016 — 13:34
  • 2373x views

Pemberlakuan satu harga BBM perlu dikaji ulang

Rencana Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral yang akan menerapkan kebijakan tentang pemberlakuan satu harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia perlu dikaji ulang karena bisa merugikan.
Ilustrasi. Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. --tempo.co
ANTARA
Editor : Lina Nursanty

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Ambon, Jubi - Rencana Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral yang akan menerapkan kebijakan tentang pemberlakuan satu harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia perlu dikaji ulang karena bisa merugikan.

Menurut Anggota DPRD Maluku Yulius Pattipeiluhu, distribusi BBM ke pulau terluar tetap membutuhkan biaya tinggi. “Kalau menggunakan pendekatan kontinental bisa diterapkan, tetapi untuk sistem antarpulau dan pendistribusiannya sampai ke pulau terluar tentu membutuhkan biaya tinggi," kata Yulius Pattipeiluhu di Ambon, Senin (31/10/2016).

Sistem seperti ini juga dapat menimbulkan kerugian keuangan karena harus menanggung biaya transportasi menuju titik distribusi, khususnya pada daerah terluar dan terjauh. "Kalau biaya transpor barangnya dibebankan kepada negara maka yang rugi adalah negara," katanya.

Standar harga BBM di pasaran, khususnya untuk wilayah timur Indonesia seperti Maluku dan Papua yang terdiri dari pulau-pulau memang agak tinggi.

Yulius mencontohkan harga BBM jenis bensin di Pulau Saparua saat ini mencapai Rp8.000 per liter, padahal secara geografis letak pulau tersebut dari Pulau Ambon tidak terlalu jauh.

Apalagi di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang begitu jauh dan harga BBM jenis bensin mencapai belasan ribu rupiah. (*)

loading...

Sebelumnya

Malut tidak sediakan lahan baru untuk transmigran

Selanjutnya

Pemkot Ambon bentuk satgas pungli

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe