Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Akses transportasi hambat distribusi media cetak di Yahukimo
  • Minggu, 25 Januari 2018 — 19:02
  • 439x views

Akses transportasi hambat distribusi media cetak di Yahukimo

Satu-satunya distribusi  media cetak ke kawasan itu hanya menggunakan moda transportasi udara.
Penjaja koran di kawasan Tugu, Kabupaten Yahukimo. Sebagian mereka adalah siswa SMA, Jubi/Piter
Piter Lokon
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Yahukimo, Jubi- Akses transportasi ke kabupaten Yahukimo meghambat distribusi media cetak koran. Satu-satunya distribusi  media cetak ke kawasan itu hanya menggunakan moda transportasi udara.

“Kami kesulitan karena koran yang datang sering tertahan di penerbangan di Dekai,” kata Sony Sugun, seoarang penjual koran membuka lapak di Tugu, Kabupaten Yahukimo, Kamis (25/1/2018)

Kondisi itu mempengaruhi informasi warga Yahukimo terhambat, khususnya informasi politik Papua. Yang paling parah justru  akses koran hanya bisa dinikmati oleh masyarakat dekat Bandara. “Tak jarang koran cepat habis di Bandara tak sampai di Tugu,” kata Sony menjelaskan.

Seorang penjual koran lain, Yotma Yalak mengaku meski terhambat, penjualan koran masih menjanjikan. Ia memanfaatkan menjual koran di sela menemph pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMA) Negeri Ninia.

“Pagi hingga siang menekun ilmu di sekolah, sore hari penjual koran,” kata Yotma.

Menurut dia, koran  yang biasa terbit pagi dari Jayapura tiba di Yahukimo jam 12.00 hingga 14.00  waktu setempat.   Hal itu justru menguntungkan Yotma saat pulang sekolah bisa ke Bandara mengambil koran untuk dijual.

“Usai sekolah saya ke Bandara kadang kami menunggu sampai pasawat Trigana Air mendarat dari Jayapura, “ kata Yotma menjelaskan.

Ia mengaku tak merasa malu menjual koran, menurut dia hal itu postif, karena selain dapat untung juga memperolah banyak pengetahuan dari berita yang tertolong sulit didapatkan masyarakat pedalaman di Yahukimo. (*)

loading...

Sebelumnya

Koneksi internet buruk warga Yahukimo memilih baca koran

Selanjutnya

Napi narkoba di Wamena dipindahkan karena menyuap

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe