Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Sumatera
  3. Tujuh desa di Aceh belum dialiri listrik
  • Minggu, 28 Januari 2018 — 19:07
  • 1068x views

Tujuh desa di Aceh belum dialiri listrik

Forum perkumpulan muda-mudi dari wilayah Barat Selatan Aceh itu, meminta PT PLN segera menuntaskan persoalan tersebut, agar generasi Aceh tidak lagi tertinggal dalam berbagai hal pembangunan.
Ilustrasi. Pixabay.com/Jubi
ANTARA
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Meulaboh, Aceh - Forum Komunitas Muda Barat Selatan Aceh (KMBSA) mencatat, masih ada ratusan rumah penduduk di wilayah barat selatan Aceh (Barsela) belum tersambung listrik sehingga menghambat semua lini pembangunan di pedesaan.

Ketua Forum KMBSA Fitriadi Lanta, mengatakan pihaknya mengumpulkan di delapan kabupaten/kota di wilayah barat selatan Aceh. Ada sebanyak tujuh desa belum teraliri listrik.

"Kami mendesak pemerintah daerah dan PT PLN (persero) agar segera mengaliri listrik ke desa/gampong yang masih belum berlistrik di barat selatan Aceh. Kondisi masyarakatnya sangat jauh tertinggal dibandingkan daerah lain," sebutnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan listrik belum masuk pada tujuh desa tersebut, salah satunya terkait dengan sengketa tanah, akses transportasi serta terganggu proyek rehabilitasi jalan dan pembebasan pohon.

Ia merincikan, untuk wilayah Kabupaten Aceh Jaya dengan jumlah 173 desa, masih terdapat satu desa yang belum dialiri energi listrik yakni Desa Maree, Kecamatan Lamnoe, kondisi permukiman desa setempat sangat memprihatinkan.

Kemudian Kota Subulussalam, dari 84 desa, ditemukan dua desa yang masih gelap gulita saat malam yakni Desa Tanah Tumbuh dan Kuala Keupeng, listrik belum masuk ke wilayah pedalaman itu karena terkendala akses jalan.

Selanjutnya di Kabupaten Aceh Singkil, dari jumlah 116 desa, ditemukan dua desa yang belum berlistrik yaitu gampong Ujung Sialet dan Gampong Guha. Terakhir Kabupaten Simeulue ditemukan dua gampong yakni, Desa Pulau Siumat dan Desa Pulau Teupah.

"Di Aceh Barat sudah teraliri listrik begitu juga Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan. Kita mendesak pemda untuk tidak menutup mata, jangan biarkan rakyat terus menerus hidup dalam gelap karena Indonesia sudah merdeka," imbuhnya.

Forum perkumpulan muda-mudi dari wilayah Barat Selatan Aceh itu, meminta PT PLN segera menuntaskan persoalan tersebut, agar generasi Aceh tidak lagi tertinggal dalam berbagai hal pembangunan.

Sebagai elemen sipil, kata Fitriadi, mereka menyorot kinerja dan peran dari wakil rakyat yang sudah menikmati hidup mewah di setelah mendapat kursi dewan, baik ditingkat kabupaten/kota maupun politikus di DPR Aceh.(*)

 

 

loading...

#

Sebelumnya

Ada Prodi terapi wicara di Padang

Selanjutnya

Pemkab Yahukimo usul relokasi ADD 10 persen untuk pembangunan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe