Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Homfolo, pilot project kampung sehat di kabupaten Jayapura 
  • Selasa, 30 Januari 2018 — 10:28
  • 272x views

Homfolo, pilot project kampung sehat di kabupaten Jayapura 

"Kita tahu beberapa waktu lalu pemerintah daerah telah memulangkan satu kontainer berisi miras berbagai merk. Hal ini menandakan pemerintah sangat perduli dan melarang keras peredaran miras di daerah ini. Sudah tidak ada lagi surat izin yang dikeluarkan bagi para pengusaha untuk berjualan miras di daerah ini," ujar Wakil Bupati, di kampung Homfolo, Senin (29/1/2018).
Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijiyantoro, didampingi tokoh adat, gereja, serta masyarakat berkomitmen memberantas minuman beralkohol dan penyalahgunaan narkoba di kampung-kampung - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Pemerintah Kabupaten Jayapura telah mencanangkan kampung-kampung di pinggir danau Sentani serta seluruh kampung di kabupaten Jayapura sebagai kampung sehat – kampung bebas minuman beralkohol (minol) serta penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya (narkoba).

Pencanangan ini dimulai dari kampung Homfolo (Simporo) distrik Ebungfauw dan akan diikuti seluruh kampung di distrik tersebut. Pada pelaksanaan pencanangan Kampung Sehat di kampung Homfolo, dihadiri Forkompimda kabupaten Jayapura, seluruh tokoh adat yang terhimpun dalam Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, tokoh agama, dan masyarakat kampung Homfolo.

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijiyantoro, dalam sambutanya menyatakan pemerintah daerah siap mendukung upaya masyarakat di setiap kampung yang ingin melawan dan bekerja keras menuntaskan persoalan sosial di masing-masing kampung.

"Kita tahu beberapa waktu lalu pemerintah daerah telah memulangkan satu kontainer berisi miras berbagai merk. Hal ini menandakan pemerintah sangat perduli dan melarang keras peredaran miras di daerah ini. Sudah tidak ada lagi surat izin yang dikeluarkan bagi para pengusaha untuk berjualan miras di daerah ini," ujar Wakil Bupati, di kampung Homfolo, Senin (29/1/2018).

Dijelaskan, sebagai langkah awal pencanangan ini dilakukan di kampung Homfolo, semua warga harus terlibat secara aktif untuk memerangi persoalan sosial yang sering terjadi saat ini. Dengan demikian kampung Homfolo akan menjadi pilot project.

"Kegitan kali ini harus menjadi satu gerakan bersama seluruh masyarakat, sebab memerangi miras dan penyalahgunaan narkoba merupakan bagian dari visi dan misi Pemerintah kabupaten Jayapura, dalam mensejahterakan dan mencerdaskan masyarakatnya. Kalau tidak demikian kita akan kehilangan generasi penerus cita-cita dan masa depan daerah ini," jelasnya.

Ketua DAS Sentani, Demas Tokoro, mengatakan pencanangan atau deklarasi kampung sehat yang bebas minol dan penyalahgunaan narkoba merupakan sebuah catatan sejarah tersendiri bagi masyarakat yang mendiami pesisir danau Sentani. Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan ini sesungguhnya mengangkat harkat dan martabat masyarakat kampung Homfolo dan masyarakat di kampung-kampung lain di pesisir danau Sentani.

"Kegiatan ini sesungguhnya datang melalui aspirasi masyarakat di kampung ini, sebagai ungkapan rasa syukur terhadap perlindungan yang telah diberikan Tuhan kepada umatnya. Dengan harapan, semua warga di kampung ini dapat bekerja sama dalam mengatasi persoalan sosial yang sering terjadi. Kita harus sepakat bersama dengan pemerintah untuk benar-benar memerangi miras dan penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda di kampung ini," ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Peringatan 90 tahun Injil masuk Doyo, masyarakat diminta jaga kerukunan

Selanjutnya

Pembangunan meningkat bila kepentingan sektoral ditinggalkan 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 2731x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2555x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2382x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe