Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Partai Nasdem Papua lolos verifikasi faktual
  • Selasa, 30 Januari 2018 — 07:49
  • 511x views

Partai Nasdem Papua lolos verifikasi faktual

"Partai Nasdem kami nyatakan lolos verifikasi faktual karena semua berkas partai lengkap," ujar Adam Arisoy, di Sekretariat Partai Nasdem, Senin (29/1/2018).
Ketua DPW Nasdem Papua saat menyerahkan dokumen partai kepada Ketua KPU untuk diverifikasi - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
engellenny2509@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua selama tiga hari, 28-30 Januari 2018, melaksanakan verifikasi partai politik (parpol) di tingkat provinsi. Baru beberapa partai yang sudah dilakukan verifikasi oleh tim verifikator KPU Papua, salah satunya partai Nasional Demokrat (Nasdem). Verifikasi Nasdem dilakukan di sekretriat partai tersebut, yang dihadiri seluruh pengurus tingkat provinsi. 

Ketua KPU Papua, Adam Arisoy, mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi 12 parpol, terkait dokumen administrasi dan kelengkapan partai. Kendati demikian dirinya juga mengaku sangat kesusahan dengan tenggang waktu hanya tiga hari yang diberikan untuk pelaksanaan verifikasi ini.

"Yang jelas kita akan kesusahan kalau hanya tiga hari, sementara ada 12 partai yang harus diverifikasi. Kemarin kami mengunjungi beberapa sekretariat partai tetapi pengurusnya tidak ada di tempat. Kami akan lanjutkan hingga tiga ke depan. Hari ini ada beberapa parpol yang sudah kami verifikasi. Partai Nasdem kami nyatakan lolos verifikasi factual karena semua berkas partai lengkap," ujar Adam Arisoy, di Sekretariat Partai Nasdem, Senin (29/1/2018).

Dijelaskan, dalam proses ini setiap partai wajib menyiapkan dokumen tempat dan keberadaan sekretariat partai, daftar nama dan nomor anggota, serta keterlibatan anggota DPR untuk perempuan sebesar 30 persen.

"Setiap partai wajib menyiapkan dokumen legalitas sekretariatnya berada di wilayah mana dan harus ada surat resmi dari pemerintah setempat, daftar pengurus yang dibuktikan dengan nomor anggota dan kartu tanda penduduk, serta susunan badan pengurus dari tingkat atas sampai dengan tingkat bawah," ujarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Papua, Mathius Awoitauw, mengatakan telah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan verifikasi, baik dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota, serta pengurus di tingkat anak cabang.

"Waktu awal ketika Nasdem baru bergabung sebagai peserta pemilu, verifikasi seperti ini dilakukan sampai di tengah masyarakat. Tetapi kami juga sudah mempersiapkan untuk verifikasi tahun ini karena instruksi dari pimpinan pusat sudah jelas untuk semua DPW di seluruh Indonesia," ungkap Mathius.

Ditempat yang sama, seorang komisionr Bawaslu Papua, Yakob Paisey, mengatakan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan pihaknya sejak hari pertama hingga kedua bisa berjalan lancar dan belum ada tanda-tanda yang mengarah kepada hal-hal yang melanggar aturan.

"Pada prinsipnya kami tetap mengacu kepada aturan sebagai penyelenggara teknis tetapi juga sebagai penyelenggara pengawasan. Hingga saat ini semua berjalan dengan baik dan terkendali," pungkas Yakob.  (*)

loading...

Sebelumnya

SAMNP berkali-kali ingatkan pemerintah soal izin pengusaha minol

Selanjutnya

Tiga Parpol di Papua dinyatakan belum memenuhi syarat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4776x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2783x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2685x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe