close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Kapolri resmikan Mapolda Papua Barat, wartawan dibatasi
  • Selasa, 30 Januari 2018 — 09:23
  • 1095x views

Kapolri resmikan Mapolda Papua Barat, wartawan dibatasi

"Kami kecewa, ini sebenarnya ada apa. Kami dibatasi untuk tidak boleh masuk gedung", ujarnya wartawan Papua Barat Pos biro Manokwari, Zakarias Balubun.
Puluhan wartawan yang enggan melanjutkan liputan peresmian Mapolda Papua Barat karena dihalang-halangi oknum anggota Provost – Jubi/Hans Arnold
Admin Jubi
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jubi, Manokwari - Peresmian gedung Markas Polda (Mapolda) Papua Barat, di Manokwari,  Senin (29/1/2018), oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian, dibatasi untuk wartawan. Kejadian ini terjadi saat Kapolri usai melakukan pengguntingan pita dan meninjau ke dalam gedung.

Namun, sejumlah oknum anggota Provost Polda Papua Barat menghentikan wartawan yang hendak melakukan tugas peliputan ke dalam gedung baru itu. Tindakan tersebut kemudian direspon puluhan wartawan yang hadir  dan sepakat untuk tidak melanjutkan tugas peliputan dan memilih untuk keluar meninggalkan lokasi peresmian. 

Wartawan Papua Barat Pos biro Manokwari, Zakarias Balubun, mengaku kecewa dengan sikap dan tindakan oknum Provost Polda Papua Barat yang membatasi wartawan untuk tidak masuk ke dalam ruangan. 

"Kami kecewa, ini sebenarnya ada apa. Kami dibatasi untuk tidak boleh masuk gedung", ujarnya di hadapan rekan-rekan seprofesi, di halaman Mapolda Papua Barat. 

Dikatakan Aris, sapaan akrab Zakarias, dia saat itu sudah mengaku sebagai wartawan bahkan menunjukkan identitas wartawannya. Namun oknum anggota Provost mengatakan jika mereka hanya menjalankan perintah.

"Katanya mereka hanya menjalankan perintah, tapi tidak dijelaskan siapa yang beri perintah itu", ungkapnya. 

Lanjut dikatakan Aris, tindakan menghalang-halangi tugas peliputan seperti yang dilakukan oleh sejumlah oknum anggota Provost Polda Papua Barat ini, jelas telah melanggar Pasal 18 UU No.40 Tahun 1999 tentang Pers. 

Sebelumnya, puluhan wartawan yang menunggu, selain meliput seremonial peresmian Mapolda Papua Barat juga ingin melakukan wawancara Kapolri Jendral Tito Karnavian terkait ditariknya proses penyidikan dugaan kasus korupsi pengadaan kapal kargo oleh Bareskrim Mabes Polri dari Direskrimsus Polda Papua Barat, dengan tersangka Otto Ihalauw, mantan Bupati Sorong Selatan, dan Muhammad Nur selaku pihak rekananan dalam kegiatan pengadaan kapal kargo senilai Rp 4 miliar lebih tersebut.  

Kabid Humas Polda Polda Papua Barat, AKBP Hari Supriono, sebelumnya mengatakan wartawan pasti diberi waktu tersendiri untuk mewawancarai Kapolri. Namun pihaknya tidak memberikan penjelasan lebih lanjut terkait tindakan menghalang-halangi tersebut.

AKBP Hari Supriono yang dikonfirmasi mengatakan sebetulnya tidak ada pembatasan. Yang terjadi adalah miskomunikasi berkaitan dengan jadwal doorstop yang mana kegiatan ini resmi dan sudah diatur protokoler, ungkap Hari melalui pesan singkatnya kepada Jubi. (*)

loading...

Sebelumnya

Ditangkap di Polewali Mandar, mantan Ketua KONI Papua Barat santai di pinggir pantai

Selanjutnya

Jelang perayaan HUT Pekabaran Injil, Pemprov Papua Barat fokus keamanan transportasi laut

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4876x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4299x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4168x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3493x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2956x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe