Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Pansus DPRP pastikan pilgub sesuai jadwal
  • Jumat, 02 Februari 2018 — 05:41
  • 668x views

Pansus DPRP pastikan pilgub sesuai jadwal

“Itu yang tidak boleh sampai diundur. Harus dilaksanakan sesuai agenda,” ucapnya.
Ilustrasi kantor KPU Papua – Jubi. Dok
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Ketua panitia khusus pemilihan gubernur (Pansus Pilgub) Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Thomas Sondegau mengatakan, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua akan dilaksanakan sesuai jadwal, 27 Juni 2018.

Menurutnya, meski kini ada beda pendapat antara pihaknya dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua mengenai siapa yang berhak melaksanakan tahapan, namun hal itu tidak mempengaruhi jadwal pelaksanaan Pilgub Papua.

“Memang verifikasi keaslian orang Papua bakal pasangan calon oleh Majelis Rakyat Papua (MRP), hanya 14 hari pascaberkas diserahkan, KPU Papua ke DPR Papua, 12 Januari 2018. Namun itu tidak mendesak. Masih ada waktu beberapa hari sebelum penetapan bakal pasangan calon, 12 Februari 2018,” kata Thomas via teleponnya, Kamis (01/02/2018).

Katanya, meski nantinya jadwal verifikasi keaslian bakal pasangan calon berubah, itu tidak masalah, selama pelaksanaan pencoblosan tetap sesuai jadwal.

“Itu yang tidak boleh sampai diundur. Harus dilaksanakan sesuai agenda,” ucapnya.

Mengenai tarik ulur pelaksanaan tahapan antara Pansus DPR Papua dan KPU Papua, lanjut Thomas, telah dibuat berita acara kesepakatan usai pertemuan pihaknya bersama MRP, Bawaslu Papua, Bawaslu RI, KPU RI, Dirjen Otonomi Daerah (Otda), dan pihak terkait lain di Kemeterian Dalam Negeri.

“Hasil rapat, 30 Januari 2018 yang dipimpin Dirjen Otda, Sumarsono disepakati beberapa poin terkait kewenangan KPU Papua, Pansus DPR Papua, dan MRP,” ujarnya.

Menurutnya, dalam berita acara kesapakatan itu disebutkan antara lain, KPU Papua melaksanakan klarifikasi dan verifikasi ijazah sebagai syarat calon kepada lembaga yang berwenang, dengan mengikutsertakan DPR Papua.

“Kewenangan Pansus DPR Papua lainnya, pasangan calon menyampaikan kampanye visi dan misi dalam rapat paripurna DPR Papua,” katanya.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, pihaknya bersama DPR Papua dan lembaga terkait lain di Papua, berupaya mencari solusi pelaksanaan tahapan Pilgub Papua lantaran ada perbedaan pendapat antara KPU Papua dan Pansus Pilgub DPR Papua.

"Mungkin nanti tindak lanjutnya kami berkonsultasi dengan KPU RI. Intinya hanya satu, kalau ada petunjuk hukum baru, maka semua proses akan jalan sesuai kewenangan masing-masing lembaga,” kata Adam belum lama ini, sebelum pertemuan dengan pihak terkait di Jakarta. (*)

loading...

Sebelumnya

Komnas HAM Papua: Ego lembaga negara hambat penyelesaian masalah HAM

Selanjutnya

Diundang Indonesia, utusan PBB jangan lupa Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 2714x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2553x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2380x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe