Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. BBL Mansinam diduga tidak berfungsi, bak penampungan diisi ikan mujair
  • Minggu, 03 Februari 2018 — 21:58
  • 210x views

BBL Mansinam diduga tidak berfungsi, bak penampungan diisi ikan mujair

Menurutnya, sejak dibangun sekitar tahun 2011 hingga 2012,  BBL milik DKP Papua Barat ini selain kurang melibatkan penduduk baik dalam pembibitan maupun pengelolaan, juga kurang terawat. Hal ini dibuktikan dengan air bak penampungan yang terlihat keruh, layaknya tidak pernah dikuras.
Fasilitas Balai Budidaya Laut (BBL) milik Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua Barat di Pulau Mansinam yang diduga tidak berfungsi - Hans Arnold/Jubi.
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Edho Sinaga

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Manokwari, Jubi - Balai Budidaya Laut (BBL) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Papua Barat di Pulau Mansinam, ditengarai tidak melibatkan penduduk setempat dalam proses pengelolaan ikan perairan laut bahkan dianggap tidak melakukan aktivitas. Dugaan ini disampaikan langsung Kepala Kampung Mansinam, Zakeus D. Rumsayor, kepada Jubi di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (03/02/2018).

Menurutnya, sejak dibangun sekitar tahun 2011 hingga 2012,  BBL milik DKP Papua Barat ini selain kurang melibatkan penduduk baik dalam pembibitan maupun pengelolaan, juga kurang terawat. Hal ini dibuktikan dengan air bak penampungan yang terlihat keruh, layaknya tidak pernah dikuras.  

"Namanya BBL tapi yang dipelihara ikan mujair (jenis ikan air tawar/Oreochromis mossambicus). Setahu saya, BBL itu untuk budidaya ikan air laut seperti kerapu dan beberapa jenis ikan lainnya bernilai ekonomis tinggi dipasaran, tapi tidak pernah warga Mansinam diajak untuk mengisi bibit kerapu di BBL itu. Jadi saya harap DKP harus bertanggung jawab untuk fasilitas Negara tersebut,” ungkapnya.

Dihubungi terkait temuan ini, Kepala DKP Papua Barat, Margareta Renyaan langsung membantah pernyataan tersebut. Kata dia, BBL Mansinam masih aktiv dan operasionalnya masih berjalan hingga saat ini, hanya saja mendapatkan kendala listrik, yang membuat sejumlah bak penampungan tidak sesuai dengan sistem budidaya.

"Tidak benar itu, apa yang disampaikan Kepala Kampung. BBL itu masih aktiv, hanya saja kendalanya dilistrik yang tidak normal sehingga ikan yang dibudidaya tidak tahan,” tegasnya melalui komunikasi telepon seluler.

Namun diakui Margareta, BBL Mansinam yang merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) milik DKP Papua Barat ini, sejumlah sarananya rusak, akibat kendala teknis, dan semisal listrik yang dijelaskan tadi. Tetapi, ditegaskannya, dari keseluruhan operasional BBL tersebut masih berjalan, dan mulai tahun ini pihaknya  telah mengusahakan perbaikan sejumlah sarana yang rusak tersebut.

"Kita usahakan tahun ini aktiv, karena selama ini juga ikan yang dibudidaya di datangkan dari luar Manokwari, tapi karena listriknya tidak normal, itu yang jadi kendala,” katanya.

Sementara, soal keterlibatan warga Mansinam dalam pengelolaan BBL tersebut, Margareta mengakui, memang tidak ada warga Mansinam yang dilibatkan. Tetapi kedepan, akan dibahas lagi agar warga Mansinam juga dilibatkan dalam pengadaan benih ikan.

"Tenaga yang dilibatkan selama ini  adalah para honorer di DKP Papua Barat, tapi kedepan kita akan bahas lagi untuk keterlibatan warga Mansinam,” terangnya.

Untuk membuktikan pernyataan Kepala Kampung Pulau Mansinam, Jubi melakukan penelusuran. Dan hasilnya, didapati bahwa BBL Mansinam yang berada disebelah Timur dan berjarak sekitar 2 Km dari pelabuhan Mansinam, tidak terawat. Meski dipagar dalam satu komplek bersama sejumlah rumah dinas petugas UPT BBL itu, tetapi setiap bangunan dan fasilitas yang ada, sudah dirimbuni rumput. (hans arnold)

loading...

Sebelumnya

Usai apel pagi, ASN dan TNI/Polri bersih-bersih pulau Mansiman

Selanjutnya

Papua Barat segera melengkapi koleksi museum Mansinam

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4734x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2774x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2672x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe