TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Pagar hidup untuk Danau terbesar di Papua
  • Senin, 05 Februari 2018 — 18:22
  • 1580x views

Pagar hidup untuk Danau terbesar di Papua

"Kawasan cagar alam siklop akan dibuat pagar hidup dengan menanami aneka jenis pohon sebagai pagar dan pembatas dari aktifitas manusia," terang Bupati Mathius.
Danau Sentani dengan latar belakang gunung siklop - Jubi /Engel Wally.
Engelbert Wally
[email protected]
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Peringatan hari air sedunia, yang diselenggarakan setiap tanggal 22 Maret mendatang, menjadi momentum khusus bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura.  Danau Sentani serta Gunung Siklop, yang menjadi dua kebanggan Kabupaten tersebut, harus tetap dijaga, dilestarikan, serta dirawat, bukan hanya oleh Pemerintah, melainkan masyarakat.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, kendati masih lama, namun peringatan hari air sedunia itu bisa menjadi lecutan bagi setiap masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan di Danau Sentani dan juga Gunung Siklop.

Menurut Mathius, Danau Sentani yang merupakan danau vulkanik dan diapit oleh pegunungan siklop itu wajib dijaga karena telah memberikan penghidupan bagi setiap masyarakat yang ada di sekitar danau. Salah satunya melalui Festival Danau Sentani (FDS) setiap tahunnya, yang dilaksanakan sejak 2008.

"Semua Ondoafi dan Ondofolo yang ada di setiap kampung di Kabupaten Jayapura, wajib menyampaikan dan mengajak masyarakatnya untuk menjaga dan memelihara dua maha karya Tuhan bagi kita di daerah ini, " ujar Bupati Mathius saat ditemui di Sentani, Senin (05/02/2018).

Sementara, untuk menjaga kesinambungan dan ketersediaan air sebagai sumber kehidupan bagi umat manusia,  Mathius mengaku, akan membuat satu gerakan bersama dalam membangun pagar hidup di kawasan cagar alam siklop. 

"Kawasan cagar alam siklop akan dibuat pagar hidup dengan menanami aneka jenis pohon sebagai pagar dan pembatas dari aktifitas manusia," terangnya. 

Upaya himbauan yang dilakukan oleh Bupati Jayapura ternyata mendasar. Secara terpisah Franz Alberth Joku, Ondofolo Kampung Ifar besar mengatakan, Danau Sentani saat ini ibarat tangki septik terbesar yang membentang dari timur hingga ke barat. 

"Pemerintah Provinsi dan juga Kabupaten Jayapura harus membuat sebuah regulasi yang dapat memproteksi keberadaan Gunung Siklop tetapi juga Danau Sentani.  Danau yang indah ini sangat disayangkan apabila dicemari oleh sampah - sampah masyarakat yang datangnya dari kota melalui aliran sungai," ungkapnya.

Sementara itu, Danau yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl, menjadi danau terbesar di Papua. Di danau ini juga terdapat 22 buah pulau kecil.

Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898. Di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar dan empat di antaranya merupakan endemik Danau Sentani yaitu ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

Danau Sentani sendiri, mendapatkan suplai dari sekitar kurang lebih 34 sumber mata air dari pegunungan siklop (Cycloop).  Dari semua data itu, Danau Sentani memang layak dijaga, dirawat dan dilestarikan. Selain sebagai penyeimbang alam, Danau terbesar di Papua ini juga memberikan penghidupan, bagi setiap masyarakat yang bermukim di sekitarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

BPBD Jayawijaya: Kebakaran hutan 2015 jadi bahan introspeksi

Selanjutnya

Tiga ribu hektar hutan TN Lorentz rusak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Mamta |— Minggu, 10 Juni 2018 WP | 3066x views
Otonomi |— Minggu, 10 Juni 2018 WP | 2927x views
Pilkada Papua |— Selasa, 12 Juni 2018 WP | 2494x views
Anim Ha |— Selasa, 12 Juni 2018 WP | 2401x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat