Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Kurangi pengangguran, Pemda Tolikara siap rekrut pencari kerja
  • Senin, 05 Februari 2018 — 18:50
  • 2369x views

Kurangi pengangguran, Pemda Tolikara siap rekrut pencari kerja

"Mereka nantinya akan masuk dalam komite pelaksana dan monitoring pembangunan daerah, tapi pada level kampung dan distrik," kata Wakil Bupati Dinus Wanimbo.
Banyak alumni mahasiswa asal Tolikara yang berdomisili di daerah-daerah lain di Papua karena minim lapangan kerja di daerah asal. Tampak dalam gambar para mahasiswa Toli di Jayapura, yang diharapkan terserap tenaganya untuk bangun daerah. - Jubi/Lantipo
Yuliana Lantipo
Editor :
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kabupaten Tolikara akan membuka peluang kerja melalui perekrutan ratusan pencari kerja asal daerah tersebut untuk ditempatkan di semua distrik. Ratusan orang tersebut nantinya bertugas memantau dan melaporkan jalan atau tidaknya program-program pemerintah di tingkat kampung dan distrik.

Perekrutan pencari kerja tersebut disampaikan Wakil Bupati Tolikara Dinus Wanimbo. Menurutnya, perekrutan tersebut sebagai salah satu jalan memberikan kesempatan kerja khususnya generasi muda Tolikara yang sudah menamatkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi atau setingkatnya. Apalagi, saat ini, masih diberlakukan moratorium nasional tentang penerimaan ASN (pembatasan penerimaan ASN).

Dinus Wanimbo menjelaskan, perekrutan tersebut hanya akan menerima 260 orang. "Mereka nantinya akan masuk dalam komite pelaksana dan monitoring pembangunan daerah, tapi pada level kampung dan distrik," kata Wakil Bupati ini kepada Jubi via seluler di Jayapura, Minggu (4/2/2018).

Kriteria pencari kerja ini tidak dibatasi latar belakang pendidikan dan profesi. "Kita sadar, sejak moratorium penerimaan pns, sangat berdampak pada meningkatnya angka penggangguran di Tolikara, makanya kita buka ini dengan tujuan mengurangi pengangguran. Mereka bisa intelektual, unsur gereja, atau tokoh masyarakat," jelas Dinus.

Terkait waktu pembukaan perekrutan, kata Dinus, rencananya akan dilakukan antara pertengahan hingga akhir Februari, penyaluran Dokumen Penyelenggaraan Anggaran (DPA) 2018. Komisi ini akan berada langsung dibawah koordinasi Pemerintah Derah Tolikara.

"Setelah pembegaian DPA, saya akan buka perekrutan di Karubaga. Rencana pembagian DPA akan dilakukan pada Februari, sekitar minggu kedua dan ketiga, jadi kira-kira setelah itu lah," ucap Dinus.

Dinus menegaskan kembali, masa kerja pengurus dan anggota komite pelaksana dan monitoring pembangunan daerah Tolikara tersebut hanya berlangsung selama lima tahun atau akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya masa pemerintahan Usman Wanimbo dan Dinus Wanimbo.

"Komite ini hanya berlaku selama kami (Pemerintahan Usman-Dinus) ada. Kami selesai, ya mereka juga selesai. Untuk gaji ya kita gaji, kami sudah masukan dalam APBD Tolikara tahun ini," kata Dinus.

Ditempatkan di 4 wilayah pembangunan Tolikara

Dinus Wanimbo menjelaskan, 260 orang tersebut terdiri dari ketua, dua wakil ketua, dan sekretaris, bendahara dan dibantu 4 koordinator wilayah pembangunan. Empat wilayah pembangunan tersebut adalah Karubaga, Kanggime, Kembu dan Bokondini.

Dijelaskan, tiap koordinator akan dibantu anggota. “Per wilayah sekitar 50 orang. Jadi, 200 orang di empat wilayah pembangunan itu,” jelas Dinus.

Domiles Wanimbo, pemuda Tolikara yang ditemui Jubi di Jayapura, mengaku senang atas program Pemda Tolikara tersebut. Pasalnya, melalui komite pelaksana dan monitoring pembangunan daerah Tolikara tersebut, memberi peluang kerja kepada masyarakat. Ia berharap, kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan sarjana-sarjana muda Tolikara, dapat digunakan untuk bekerja melayani masyarakat.

"Inisiatif Pemerintah daerah Tolikara dengan buka perekrutan ini bagus sekali, saya yakin banyak teman-teman sudah menantikan ini. Apalagi sudah ada ratusan putra putri Tolikara yang lulus dengan gelar sarjana tapi masih belum punya pekerjaan. Saya harap kaum intelektual Tolikara ikut terlibat aktif dalam proses pembangunan sesuai visi misi dan program kerja Bupati dan Wakil Bupati kita," kata Domiles. (*)

loading...

Sebelumnya

15 Februari, Yahukimo lounching 23 rute penerbangan perintis dan 18 kargo

Selanjutnya

Kristian mewakili Indonesia di konferensi anak di Swedia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe