Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. PPI Omor mubazir, fasilitas lengkap tapi tidak difungsikan
  • Selasa, 06 Februari 2018 — 19:33
  • 779x views

PPI Omor mubazir, fasilitas lengkap tapi tidak difungsikan

"Pengakuan salah satu petugas di PPI Omor, ia hanya membunyikan mesin saat dipanaskan, dan untuk menyalakan lampu setiap malam," ujarnya.
Ilustrasi pelabuhan ikan di Papua – Jubi/Dok.
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - DPR Papua (DPRP) tak ingin Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Omor di Kampung Onafai, Distrik Joerat, Kabupaten Asmat, Papua jadi mubazir, karena tak difungsikan.

Wakil Ketua I DPR Papua Edoardus Kaize mengatakan, saat melakukan kunjungan kerja ke Asmat beberapa pekan lalu. Dirinya mendapati PPI Omor tidak difungsikan.  Padahal pelabuhan ikan itu dilengkapi berbagai fasilitas.

"Kami berharap, tahun ini ada langkah yang diambil dari Dinas Perikanan Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Asmat, supaya PPI Omor difungsikan," kata Edo Kaize, Selasa (06/02/2018).

Menurutnya, selain dermaga pendaratan ikan, PPI Omor juga dilengkapi tiga mesin pembuat es batu dan menara BTS telepon seluler. Namun mesin pembuat es batu yang ada sejak 2008 itu, belum pernah difungsikan. 

"Pengakuan salah satu petugas di PPI Omor, ia hanya membunyikan mesin saat dipanaskan, dan untuk menyalakan lampu setiap malam," ujarnya.

Katanya, kalau dibiarkan terbengkalai, akan dianggap merugikan negara, karena PPI Omor ini dibangun dengan uang negara, dan Fasilitas di PPI itu akan rusak tanpa dimanfaatkan. Padahal keberadaan PPI itu dapat mendatangkan pendapatan untuk daerah. 

"Ini akan jadinya mubazir. Fasilitas pendukung kan sudah ada, tidak ada alasan untuk tidak dimanfaatkan. Kalau ada fasilitas yang sudah rusak, tinggal dibenahi," katanya. 

Bupati Asmat, Eliasa Kambu mengatakan, selain pariwisata, sektor perikanan merupakan salah satu potensi kabupaten yang dipimpinnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pembangunan PPI Omor salah satu upaya mendorong perkembangan sektor perikanan di Asmat, dengan harapan, ada peningkatan produksi hasil tangkap nelayan, maupun pengiriman ikan ke luar Asmat. Menurutnya, potensi perikanan di Asmat sangat menjanjikan, karena wilayah itu berhadapan dengan perairan Arafura, dan dikelilingi banyak sungai.

"Kami sedang membangun PPI di Omor dan diharapkan bisa beroperasi pada 2018," kata Elisa Kambu beberapa waktu lalu.

Katanya, potensi hasil tangkapan ikan masyarakat Asmat sangat besar, namun masalahnya belum ada kapal penampung. (*) 


 

loading...

Sebelumnya

Perahu motor di Kali Bian sepi penumpang

Selanjutnya

Bisnis mahasiswa menjadi program Kukerta Universitas Ottow Geisler

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 18 Mei 2018 WP | 2942x views
Domberai |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 2624x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1531x views
Koran Jubi |— Sabtu, 12 Mei 2018 WP | 1323x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe