Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Pelindo IV terus berbenah 
  • Jumat, 09 Februari 2018 — 12:19
  • 370x views

Pelindo IV terus berbenah 

General Manager Pelindo IV Jayapura, Muhajir Djumuriah, mengatakan infrastruktur pelabuhan Jayapura masih perlu ditingkatkan. Dermaga peti kemas  Port Jayapura seluas 2 hektar masih kurang optimal. Ada dermaga yang belum bisa dilalui kontainer crane karena belum ada relnya dan ini prioritas utama untuk perbaikan infrastruktur.
Pelindo yang mendatangkan RTG - Jubi/Sindung 
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Selain program yang berkelanjutan, yang akan dilakukan Pelindo IV Jayapura adalah melakukan pembenahan serta penataan pelabuhan sebagai perusahaan bisnis penyedia jasa pelabuhan. 

General Manager Pelindo IV Jayapura, Muhajir Djumuriah, mengatakan infrastruktur pelabuhan Jayapura masih perlu ditingkatkan. Dermaga peti kemas  Port Jayapura seluas 2 hektar masih kurang optimal. Ada dermaga yang belum bisa dilalui kontainer crane karena belum ada relnya dan ini prioritas utama untuk perbaikan infrastruktur.

“Itu sudah kami lakukan revisi dan itu sudah kami masukkan ke tahun 2018 ini,”  kata Muhajir kepada Jubi, Kamis (08/02/2018).

Diakuinya, saat ini produktivitasnya masih terhambat sehingga optimalisasi lahan di pelabuhan Jayapura yang hanya 2 hektar belum bisa bertambah dan ini perlu panjang ceritanya sehingga harus melakukan rekayasa operasional di dalam supaya rekayasa lain bisa berjalan. 

“Untuk pelayanan peti kemas, Pelindo akan bekerjasama dengan depo di luar pelabuhan di Hamadi. Kami kejar terus percepatannya untuk siap menampung kegiatan staffing (masukkan-Red) dan striping (pembongkaran-Red) sehingga ke depan tidak ada interaksi manusia di pelabuhan Jayapura karena semua itu akan dipindahkan ke Depo Hamadi. Ini terus kami jajaki dan pastikan ini daya dukung Container Yard Hamadi mampu dan dilakukan bersama dengan mitra kami,” lanjutnya.

Dengan luasan depo Hamadi, saat ini sekitar 5 Hektar, diharapkan bisa menambah kapasitas pelabuhan Jayapura ke depannya.

”Diprediksi akan banyak lagi kontainer yang datang, dimana kapasitas per tahun 80.000 Teus  sampai 100.000 Teus. Itu sudah sangat padat. Coba dibandingkan dengan pelabuhan lain seperti Ambon, Makassar, dan Bitung,” kata Muhajir. 

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Setda provinsi Papua, Elia Loupatty, menyampaikan kehadiran alat tersebut patut disyukuri. 

"Atas nama rakyat provinsi Papua kami menyampaikan terima kasih yang tinggi telah memberi perhatian yang spesial bagi kami di Papua. Dari segi akuntansi, kami mau menyampaikan harus dikelola secara baik dan dilaporkan secara baik," imbuhnya.

Baginya, semua yang berhubungan dengan pelabuhan akan sangat berpengaruh dalam rangka percepatan untuk melayani pengiriman sembako dan instruksi akhir tahun.

"Inilah alat-alat yang canggih harus ada di pelabuhan dan alat ini yang mempercepat makanan sampai di meja makan, begitu juga semen dan bahan konstruksi lainnya yang tiba di lokasi pekerjaan hingga ke lokasi yang ada di luar Jayapura," pungkasnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Target 2.000 investor, BEI Jayapura lakukan berbagai hal 

Selanjutnya

PHRI: Pemesanan online mudahkan konsumen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 5659x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2821x views
Pasifik |— Rabu, 14 Februari 2018 WP | 2706x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe