Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Penetapan paslon, Polda antisipasi beberapa daerah rawan
  • Jumat, 09 Februari 2018 — 21:08
  • 871x views

Penetapan paslon, Polda antisipasi beberapa daerah rawan

"Kami sudah ingatkan, khususnya Timika, Jayawijaya, Puncak dan Mamberamo Tengah (Mamteng). Ini ada potensi kerawanan di 12 Februari 2018, sehingga kami siapkan langkah antisipasi," kata Yakobus Marjuki menjawab pertanyaan Jubi.
Ilustrasi personel polisi mengamankan pendaftaran bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur Papua – Jubi/Dok.
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Edho Sinaga

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah Papua telah melakukan langkah antisipasi, dalam penetapan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati di beberapa Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 di wilayah itu. Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki, di Jayapura, Jumat (09/02/2018).

"Kami sudah ingatkan, khususnya Timika, Jayawijaya, Puncak dan Mamberamo Tengah (Mamteng). Ini ada potensi kerawanan di 12 Februari 2018, sehingga kami siapkan langkah antisipasi," kata Yakobus Marjuki menjawab pertanyaan Jubi.

Menurutnya,  polisi sudah memetakan kemungkinan kerawanan dan yang dapat menggangu penetapan pasangan calon Kepala Daerah di tujuh Kabupaten di Papua,  juga penetapan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Papua mendatang. 

"Kami juga sudah siapkan pengamanannya. Kalau penetapan pasangan calon Gubernur oleh Karo Ops Polda, kalau penetapan calon Bupati oleh Polres yang wilayahnya melaksanakan Pilkada," terangnya.

Namun, dirinya belum dapat memastikan berapa jumlah personel yang akan dikerahkan mengamankan penetapan calon Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati. Tetapi, secara khusus yang menjadi sasaran pengamanan adalah kantor pemerintahan, KPU dan Bawaslu.

"Kalau potensi ancamannya besar, personel ditambah. Tapi sejauh ini belum ada ancaman berarti. Untuk tahapan Pilgub, kami hanya ingatkan yang penting semua secara demokratis. Hindari saling menjatuhkan dan dilakukan dengan bermartabat," ucapnya.

Sementara, Juru Bicara Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal mengatakan, pihaknya terus mengoptimalisasi jajaran untuk mengantisipasi gangguan keamanan jelang palaksanaan Pilkada di tujuh Kabupaten dan Pilgub Papua, tahun ini.

Menurutnya, pengamanan akan ditambah jelang hari penghitungan suara, pada Juni 2018 dengan bantuan personel Polda Papua Barat.

"Pertimbangan dipilihnya Polda Papua Barat dalam pengamanan pilkada, karena telah memahami karakteristik dan budaya Provinsi Papua. Kan dulunya Papua Barat juga masuk dalam wilayah Polda Papua sebelum dimekarkan," kata Kombes Pol Kamal beberapa hari lalu.

Selain pelaksanaan Pilgub Papua, tujuh Kabupaten di Papua yang juga akan mengikuti pilkada serentak 27 Juni 2018, yakni Biak Numfor, Mamberamo Tengah, Paniai, Deiyai, Mimika, Puncak, dan Jaya Wijaya. (*)

loading...

Sebelumnya

Politikus Partai Hanura mundur dari DPR Papua

Selanjutnya

Polisi BKO jangan keluarkan tembakan seenaknya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 4732x views
Anim Ha |— Sabtu, 10 Februari 2018 WP | 2773x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2671x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe