Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Sebulan terdampar, satu nelayan Filipina tertolong di Manokwari
  • Sabtu, 10 Februari 2018 — 13:59
  • 845x views

Sebulan terdampar, satu nelayan Filipina tertolong di Manokwari

"Korban dalam kondisi sakit dan terkapar di dalam perahu motor (jenis ketintin).  Setelah diserahkan dari kapal ocean, selanjutnya ditarik oleh nelayan lokal menuju Kota Manokwari dan tiba pukul 01.00 WIT,  Jumat (09/02/2018) dini hari,” ujar Mendrofa kepada Jubi di Manokwari, Jumat (09/02/2018).
Tenaga medis RS Kodim 1703/Manokwari saat melakukan pemeriksaan kesehatan Nelayan Filipina – Jubi/ Hans Arnold.
Admin Jubi
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jubi, Manokwari - Babinsa Koramil 1703/01 Kota Manokwari bersama nelayan lokal melaporkan kondisi satu nelayan berkebangsaan Filipina, yang diduga terdampar dan berhasil diselamatkan. Posisi nelayan tersebut berada pada 37 mil di perairan laut Distrik Masni Kabupaten Manokwari saat diselamatkan, Kamis (08/02/2018).

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Seksi Intelejen Kodim 1703/Manokwari Kapten Inf. D. Mendrofa membenarkan, jika nelayan asal Filipina tersebut awalnya ditemukan oleh Kapal bernama lambung 'Ocean' (jenis kapal pesiar). Kapal tersebut akhirnya mengantar sampai di perairan Manokwari dan diserahkan kepada nelayan lokal sekira pukul 16.30 WIT, Kamis (08/02/2018) sore.

 "Korban dalam kondisi sakit dan terkapar di dalam perahu motor (jenis ketintin).  Setelah diserahkan dari kapal ocean, selanjutnya ditarik oleh nelayan lokal menuju Kota Manokwari dan tiba pukul 01.00 WIT,  Jumat (09/02/2018) dini hari, di komplek Borobudur, dan dilaporkan kepada Babinsa Koramil Kota Manokwari Serma Jamaluddin, untuk dapat bantuan awal,” ujar Mendrofa kepada Jubi di Manokwari, Jumat (09/02/2018).

 Lanjutnya, setelah dilaporkan ke Kodim, pria tersebut dimintai keterangan awal dan dilakukan pemeriksaan kesehatan, sebelum diserahkan kepada pihak Imigrasi Manokwari.

"Langkah awal dipastikan kondisi kesehatannya di Rumah Sakit Bantuan Kodim 1703/Manokwari, karena sebulan dia hanya konsumsi cumi dan minum air hujan. Dan setelah dipastikan,  selanjutnya kita serahkan kepada pihak imigrasi,” ujarnya.

Dijelaskan Mendrofa, keterangan awal yang diperoleh dari nelayan Filipina itu, bahwa ia mengalami musibah kerusakan mesin, dan terombang-ambing di laut selama 1 bulan sejak pertengahan Januari lalu. Dia kemudian baru mendapat pertolongan dari Kapal Ocean.

"Dia tidak terlalu fasih berbahasa Indonesia, sedangkan untuk keterangan identitasnya, bernama Blando Damian (45 tahun) warga Negara Filipina dari daerah General Santo City,” ungkap Mendrofa.

Sementara itu, Kepala seksi pengawasan dan penindakan keimigrasian kantor Imigrasi Manokwari Abdullah saat dikonfirmasi mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pihak Kodim 1703/Manokwari untuk menerima nelayan Filipina tersebut. Dan untuk memastikan kewarganegaraanya, imigrasi Manokwari akan melakukan konsultasi dengan Konsulat Filipina di Manado, Sulawesi Utara.

"Setelah diserahkan, kita akan pastikan lagi soal identitas yang besangkutan, meski keterangan awal dia mengaku warga negara Filipina, namun karena belum ada identitas resmi yang menunjukkan dia sebagai warga negara filipina, maka kita akan konsultasikan dengan pihak Konsulat Filipina di Manado untuk memastikan kewarganegaraannya,” ungkap Abdullah.(Hans Arnold).

loading...

Sebelumnya

GSBI gandeng Disnakertrans Papua Barat awasi penerapan upah

Selanjutnya

Mahasiswi Unipa meninggal dunia terseret arus

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe