TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Kader PDIP dan Gerindra ditarik dari Pansus Pilgub Papua
  • Minggu, 11 Februari 2018 — 17:22
  • 605x views

Kader PDIP dan Gerindra ditarik dari Pansus Pilgub Papua

“Kami sudah layangkan surat ke fraksi Gerindra di DPR Papua untuk ditindak lanjuti. Memang kedua anggota kami sudah siap untuk mundur dari Pansus. Kita mengingatkan ini menjadi sikap konsistensi partai terhadap kader-kadernya di DPR Papua,” katanya kepada wartawan, Sabtu (10/02/2018) malam.
Kantor DPR Papua – Jubi/Dok.
Roy Ratumakin
[email protected]
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra, Yance Mambrasar mengatakan, partainya telah menarik anggotanya dari Panitia Khusus Pemilihan Gubernur Papua (Pansus Pilgub). Kedua legislator Partai Gerindra itu yakni Elvis Tabuni dan Radius Simbolon.

“Kami sudah layangkan surat ke fraksi Gerindra di DPR Papua untuk ditindak lanjuti. Memang kedua anggota kami sudah siap untuk mundur dari Pansus. Kita mengingatkan ini menjadi sikap konsistensi partai terhadap kader-kadernya di DPR Papua,” katanya kepada wartawan, Sabtu (10/02/2018) malam.

Dikatakan, surat yang dilayangkan pihaknya juga sudah mendapat tanggapan dari Pansus Pilgub Papua dan sudah resmi.

“Surat balasan sudah kami terima dan kami (Gerindra) dengan teman-teman dari PDI Perjuangan yang sudah positif keluar dari Pansus,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Edoardus Kaize menjelaskan, partainya sebenarnya mendukung penuh KPU Papua untuk melakukan penetapan sesuai dengan tahapan dan jadwal yang berlaku, namun jika tidak dilakukan, maka KPU sudah melanggar PKPU.

“Kami (PDI Perjuangan) juga sudah menarik anggota kami dari keanggotaan Pansus karena kami menganggap kinerja Pansus gagal. Maksud pembentukan Pansus sebenarnya baik untuk mengawal proses Pilkada, tetapi Pansus tidak melaksanakan tugas seperti semestinya,” ujarnya.

Dikatakan, Pansus menganggap harus ada verifikasi, dan Fraksi PDIP melihat hal tersebut sudah tidak sejalan dengan amanat yang diberikan.

“Verifikasi itu sebenarnya tugas KPU sebagai penyelenggara Pilkada. DPR Papua, dalam hal ini Pansus dibentuk jika diperlukan, dan tugasnya menerima dan menugaskan tim untuk memastikan berkas lengkap tidak. Berkas verifikasi keaslian orang Papua lengkap, keempat kandidat ini semuanya diberikan. Mengenai ijazah dan lain-lain itu menjadi kewenangan KPU untuk memverifikasi,” katanya.

Kaize menambahkan, sudah 28 hari berkas bakal calon gubernur dan wakil gubernur Papua berada di pihak Pansus Pilgub.

“Kalau hitungan waktu seharusnya berkas sudah ada di MRP dan kembali ke DPR Papua dan diteruskan kembali ke KPU. Tapi proses ini tidak terjadi dan berkas tertahan di Pansus DPR Papua,” ujarnya.

Ketua DPR Papua Yunus Wonda mengatakan, kalau ada fraksi yang mau menarik anggotanya dari Pansus Pilgub, itu merupakan hak politik setiap partai. Kinerja Pansus tidak akan terganggu, karena di dalam DPRP itu, tidak ada posisi yang tetap ataupun ada larangan tidak boleh mundur, semua punya hak politik, termasuk fraksi punya kewenangan untuk menarik dan mengutus anggotanya.

Ia pun membantah adanya suara-suara sumbang bahwa keberadaan Pansus Pilgub ini punya misi terselubung untuk memenangkan salah satu pasangan calon.

“Itu terlalu jauh, yang saya katakan mari anggota DPRP kita bekerja, karena yang kita laksanakan adalah perintah UU (Undang-undang), dan Pansus itu bukan 1 atau 2 parpol, melainkan keputusan lembaga,” tukas Yunus Wonda. (*)

loading...

Sebelumnya

BTM dukung Lukmen, DPD PDIP: Kader harus loyal

Selanjutnya

KLB di Asmat disebabkan tak ada kepastian pangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat