Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Diaspora Amerika membantu sekolah berasrama
  • Senin, 12 Februari 2018 — 07:30
  • 1185x views

Diaspora Amerika membantu sekolah berasrama

Indonesian American Society Academics (IASA) akan membuka program sekolah berasrama di tiga kabupaten di Papua. Kurikulum dan suasana akan disesuaikan juga dengan kearifan lokal Papua sehingga anak-anak dari pegunungan akan merasa di rumah sendiri.
Pengurus IASA bertemu dengan majelis guru di SMA YPPK Adhi Luhur Nabire – Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
Editor : Syofiardi
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Kabupaten Nabire merupakan satu dari tiga kabupaten di Tanah Papua yang akan melaksanakan program sekolah berpola asrama. Selain Nabire, dua kabupaten lain adalah Merauke dan Kabupaten Jayapura.  

Program ini dikembangkan Indonesian American Society Academics (IASA). IASA adalah wadah yang menampung para profesor Indonesia yang kini telah menjadi Warga Negara Asing (WNA) atau masih berstatus WNI namun tinggal di Amerika Serikat.

Untuk mewujudkan program tersebut, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappnas dan IASA telah menandatangani perjanjian kesepahaman terkait layanan dasar sekolah berpola asrama. Selain pendidikan, program ini juga menyangkut layanan kesehatan jarak jauh atau telemedicine

Perjanjian tersebut ditindaklanjuti dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Bappenas dan IASA. Ini dibarengi dengan Instruksi Presiden RI No. 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Papua Barat. 

Presiden IASA Profesor Herry Utomo mengatakan latar belakang program tersebut adalah Tanah Papua masih sangat tertinggal yang level pendidikannya masih rendah dan belum maksimal.  

“Kalau dibandingkan dengan daerah lain, jadi yang kami inginkan adalah Papua ke depan harus lebih maju,” ujarnya kepada Jubi di Nabire, Sabtu (10/12/2018).

Kata Herry, program ini akan dilaksakanan pada tiga sekolah di daerah yang berbeda dan merupakan tempat strategis di Tanah Papua.  

“Dengan harapan, jika Papua bisa ditingkatkan lebih maju lagi maka Indonesia juga lebih maju lagi, saya sangat yakin anak-anak Papua tidak jauh beda dengan yang lainnya. Menurut saya, orang Papua sangat bisa, karena itu untuk langkah awal kami buka di tiga tempat, yaitu Nabire, Jayapura, dan Merauke,” katanya.

Untuk meningkatkan pendidikan di wilayah Papua, lanjutnya, tidak ada pilihan lain selain pola asrama. Sebab masih banyak anak- anak dari pedalaman ingin berpendidikan namun tidak ada tempat untuk menampung mereka.  

“Maka satu jalan adalah asrama, karena orang tua mereka jauh, sekolah jauh, kalau dia tidak diasramakan bagaimana dia bisa sekolah dengan baik, maka ini yang ingin kami fasilitasi,” ujarnya.

Program ini akan dimulai Juni-Juli mendatang, sesuai dengan awal semester baru. Saat ini program sedang dalam tahap persiapan.

“Kami akan suntikan ide-ide, mulai dari cara pembelajaran dan kurikulumnya berbeda, paketnya satu sehingga ketika di asrama bukan hanya tinggal saja tetapi utamanya adalah belajar, sebab akan ada sistem yang mengatur di sana,” tutur Herry.

Selain itu program ini akan dibangun dengan tidak mengabaikan kearifan lokal dan ada khas Papua di dalamnya. Sehingga anak-anak dari pegunungan akan merasa seperti di rumah sendiri.  

“Program ini baru pertama kali akan diterapkan di Indonesia, khususnya di Tanah Papua,” katanya.  

Dia berharap, agar program ini dapat diterima dan bisa dilaksanakan dengan sebaik mungkin.  

“Sebab tanpa dukungan kita tidak akan berhasil, fasilitas akan di-support, kami harap ada semangat untuk itu, kita ingin perubahan tentunya,” ujarnya.

Kepala SMA YPPK Adhi Luhur Nabire, Romo Tito Aria Prabantara, mengatakan program IASA sangat menantang, tetapi juga sangat bagus. Sebab nantinya akan mengubah mindset pendidikan di Tanah Papua, khususnya di Nabire.  

“Sehingga pola pendidkan di Tanah Papua harus berubah dan menjadi sama dengan sekolah lain di luar Papua, kami sangat mendukung program ini,” ujarnya  

Romo mengaku tidak mengetahui sampai sekolahnya dipilih dan diberi tahu Bappenas.

“Saat survei ada tiga sekolah, yakni SMAN 3 Nabire, SMA I Plus KPG, dan sekolah kami, dan kamilah yang terpilih,” katanya.

Marselus Bobi, siswa Kelas 11, mengatakan orang tuanya tingal di pedalaman di luar Nabire dan ia kos di Nabire. Dengan kondisi sekarang ia sangat setuju dengan program IASA.  

“Saya jauh dari orang tua dan program ini kalau dilaksanakan maka sangat membantu saya dan kawan-kawan yang orang tuanya di luar Nabire,” ujarnya  

Menurut Marselus, jika siswa tinggal di asrama dan mengikuti aturan pasti akan berhasil. Ia yakin sebuah asrama akan memiliki aturan yang membuat siswa bisa sukses.   

“Artinya, kita tidak seenaknya melakukan sesuatu dan utamanya belajar kita akan teratur, kalau di luar asrama kita seenaknya dan tidak memperhatikan belajar,” katanya.

Marselus berharap program ini benar-benar dapat berjalan sesuai haparan. Apalagi di Papua, pendidikan masih sangat jauh dari harapan.

“Saya harap dengan adanya program dari IASA dapat membantu kami anak-anak Papua, terutama di sekolah yang berpola asrama dan semoga program ini bisa membawa kami ke arah yang lebih baik lagi,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Ingin lolos akreditasi, RSUD Jayapura butuh Rp68 miliar

Selanjutnya

Pemkab Lanny Jaya kirim 20 guru ke Australia

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe