Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Pemkab Lanny Jaya kirim 20 guru ke Australia
  • Senin, 12 Februari 2018 — 13:57
  • 2806x views

Pemkab Lanny Jaya kirim 20 guru ke Australia

"Kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak Universitas Sunshine Coast Australia sejak tahun lalu, dan baru kali ini kami mengirim tenaga pengajar dengan biaya sendiri," katanya kepada Jubi.
Sekda Lanny Jaya saat berdiskusi dengan masyarakat – Jubi/Dok.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Edho Sinaga

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, mengirimkan sedikitnya 20 guru yang mengajar di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), untuk mendapatkan pendidikan di Universitas Sunshine Coast, Australia, pertengahan Januari 2018. Hal ini disampaikan Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait belum lama ini di Jayapura.

"Kami sudah melakukan kerjasama dengan pihak Universitas Sunshine Coast Australia sejak tahun lalu, dan baru kali ini kami mengirim tenaga pengajar dengan biaya sendiri," katanya kepada Jubi.

Kata Sohilait, pada tahun-tahun sebelumnya, memang ada pengiriman guru untuk menempuh pendidikan di negeri “Kangguru” itu. Namun, pihaknya masih bergabung dengan Kabupaten lain yang diakomodir oleh Pemerintah Provinsi Papua.

"Kali ini kami sendiri. Kami ingin lebih maju dan bergerak tanpa bantuan dari provinsi, karena kalau dari provinsi maka jatanya akan sedikit dan berbagi dengan kabupaten lain," ujarnya.

Menurutnya, Universitas Sunshine Coast Australia dipilih sebagai tempat para guru menempuh pendidikan, karena di universitas tersebut menggunakan alam sebagai alat pembelajaran.

"Di Australia mereka melakukan pengembangan untuk membina orang-orang Aborigin. Model tersebut sangat menarik. Selain itu, mereka menggunakan alam sebagai media utama pembelajaran. Sekolah boleh tersebar dimana-mana tetapi alam adalah media utama, dan model ini saya lihat sangat cocok untuk kita di Papua khususnya di Lanny Jaya," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua, Elias Wonda mengatakan, sejak tahun 2014 Universitas Sunshine Coast Australia telah bekerjasama dengan Provinsi Papua, dengan program pengiriman guru dari Papua secara berkala.

Dijelaskan Elias, kerjasama ini sebagai bentuk penguatan kapasitas guru SD, yang dibagi dalam lima region. Dimana region Jayapura terdiri dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Mamberamo Raya, Keerom dan Pegunungan Bintang. Region Mimika terdiri dari Kabupaten Biak, Supiori, Serui dan sekitarnya.

Sedangkan untuk region Wamena terdiri dari Kabupaten Yalimo, Nduga, Lanny Jaya, Tolikara, Mamberamo Tengah, Puncak Jaya dan Puncak. Dan Region Merauke terdiri dari Kabupaten Asmat, Boven Digul serta Kabupaten pemekaran lainnya.

“Masing-masing region, mendapatkan diklat yang akan dilakukan dua kali dengan jumlah peserta 160 orang, masing-masing guru 100 orang dan kepala sekolah 60 orang,” kata Wonda. (*)

loading...

Sebelumnya

Diaspora Amerika membantu sekolah berasrama

Selanjutnya

BP HMPLJ Lanny Jaya: Keterlambatan data bukan alasan, yang kami tunggu realisasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 5640x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2806x views
Pasifik |— Rabu, 14 Februari 2018 WP | 2698x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe