Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Petani di Jayapura mulai gunakan rice planter
  • Rabu, 21 Februari 2018 — 18:05
  • 1018x views

Petani di Jayapura mulai gunakan rice planter

Dijelaskan, petani sudah harus mampu mengelola sistem pertaniannya dengan menggunakan peralatan pertanian moderen yang dilengkapi dengan alat pertanian, benih unggul, serta pupuk.
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, saat mencoba mesin penanam padi yang baru di Kampung Sumbe, belum lama ini - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi –Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pembangunan sektor pertanian difokuskan pada program peningkatan kesejahteraan petani, peningkatan ketahanan pangan, penerapan teknologi pertanian, dan pemasaran hasil pertanian. 

Dijelaskan, petani sudah harus mampu mengelola sistem pertaniannya dengan menggunakan peralatan pertanian moderen yang dilengkapi dengan alat pertanian, benih unggul, serta pupuk.

"Tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai merupakan komoditas yang strategis serta berperan penting dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional," jelas Bupati Mathius, di Sentani, Rabu (21/2/2018).

Pemerintah Kabupaten Jayapura di masa pemerintahan Bupati Mathius Awoitauw telah banyak menyalurkan bantuan peralatan pertanian kepada kelompok tani yang tersebar di daerah ini.

Peralatan pertanian yang berteknologi moderen berupa hand tracktor, combaik harvester, rice planter, dan masih banyak lagi mesin-mesin pertanian berteknologi moderen yang telah diberikan. Salah satu yang saat ini mulai digunakan oleh petani adalah rice planter (mesin penanam padi).

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku, mengatakan sistem pengelolaan pertanian dewasa ini sudah maju dan berkembang. Hal ini berbeda dengan 10-20 tahun sebelumnya yang masih sangat manual.

Menurutnya, cara manual yang digunakan petani di waktu lalu sangat boros. Dibutuhakan banyak tenaga dan anggaran untuk mengolah satu hektar sawah. Saat ini dengan teknologi pertanian yang menggunakan mesin, tidak perlu menghabiskan anggaran dan tenaga untuk mengerjakan satu lahan pertanian.

"Petani dulu kalau mau tanami padi satu hektar harus keluar uang sebanyak Rp 9 juta karena harus membayar tenaga orang yang bantu menanam padi. Saat ini cukup satu orang saja dengan menggunakan rice planter, satu hingga dua nama satu hektar lahan telah selesai dikerjakan," ujarnya

Yoku menambahkan alat penanam padi yang digunakan petani saat ini telah tersebar di beberapa kelompok tani di kampung-kampung. Tiga unit di Kampung Sumbe, empat unit di Kampung Karya Bumi Distri Namblong, tiga unit di Nimbokrang Distrik Nimbokrang, tiga unit di Distrik Yapsi, dan masih ada delapan unit yang akan disalurkan dalam waktu dekat ini.

"Kami berharap petani dapat memanfaatkan fasilitas pertanian berteknologi tinggi untuk mengelola lahan sehingga hasil pertanian mereka lebih baik," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Wujudkan kabupaten layak anak, Pemkab Jayapura gencar kampanyekan hidup sehat

Selanjutnya

Sejumlah pemuda kampung ikuti pelatihan pengenalan desain web 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat