Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Petani binaan Dinas Pertanian budidaya sayuran organik 
  • Jumat, 23 Februari 2018 — 16:56
  • 1116x views

Petani binaan Dinas Pertanian budidaya sayuran organik 

"Sepuluh kelompok ini adalah petani sayur mayur organik. Artinya, dari apa yang diberikan selama ini, baik materi pengelolaan sistem pertanian, fasilitas pendukung yang meliputi alat dan bahan, bibit unggul, bisa dilaksanakan dengan baik hingga hasilnya dipanen," ujar Kepalla Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Jayapura, Adolof Yoku.
Kepala Dinas PTPH dan staf foto bersama setelah panen sayur dengan kelompok tani Cempaka di Kampung Toware, belum lama ini - Jubi/Engel Wally 
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Sentani, Jubi - Sepuluh kelompok petani di sejumlah distrik di Kabupaten Jayapura yang merupakan binaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) telah menunjukkan hasil dari apa yang didapat selama ini. 

Kepala Dinas PTPH, Adolof Yoku, ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/2/2018), mengatakan 10 kelompok tani binaannya ini sebagian besar telah menunjukkan hasil positif dari apa yang diberikan selama ini.

"Setiap kelompok terdiri dari sepuluh orang petani yang memiliki lahan, kalau digabungkan dalam satu kelompok itu mencapai satu hektar, telah menunjukkan hasil positif. Sepuluh kelompok ini adalah petani sayur mayur organik. Artinya, dari apa yang diberikan selama ini, baik materi pengelolaan sistem pertanian, fasilitas pendukung yang meliputi alat dan bahan, bibit unggul, bisa dilaksanakan dengan baik hingga hasilnya dipanen," ujarnya.

Yoku menambahkan pada proses panen hasil pihaknya diundang untuk bersama memanen hasil tanaman mereka. Sesuatu yang luar biasa ditunjukkan oleh para petani ini.

"Pogram ini sudah kita laksanakan sejak tahun lalu, ternyata panen ketiga baru kita diundang. Misalnya beberapa hari lalu kita di kelompok tani Cempaka di Kampung Toware Distrik Waibhu. Ada ibu-ibu petani yang mengaku hasil panen mereka dibawa ke pasar untuk dijual dan hasilnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Selain itu juga untuk pengelolaan lahan selanjutnya. Karena tanaman sayur nonpupuk jadi waktu mereka menanam hingga panen hanya butuh waktu satu hingga dua bulan. Pengembangan ke depan kita sudah tetapkan dan akan diteruskan lagi kepada petani," jelasnya.

Sarah Marwery, seorang petani sayur di Kampung Toware, mengatakan dirinya memiliki lahan seluas 100 meter persegi yang ditanami aneka jenis sayur mayur. Hasil panen selain dibawa ke pasar, juga dibagi-bagi kepada masyarakat sekitar.

"Pembukaan lahan waktu awal saja yang agak susah, karena harus membongkar lahan yang cukup luas. Selanjutnya, ketika sudah dibuat perbeden maka kerja kita sangat mudah. Mulai dari proses tanam, perawatan, hingga panen. Karena sayur nonpupuk jadi kita tidak sibuk dengan pupuk tetapi menjaga agar tanaman ini dalam masa pertumbuhan berjalan baik," katanya.

loading...

Sebelumnya

Bupati minta bangunan liar di Pasar Pharaa secepatnya dibongkar 

Selanjutnya

Dana kampung tahun 2017 masih tersisa Rp 13 miliar 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Pilihan Editor |— Selasa, 25 September 2018 WP | 8392x views
Polhukam |— Jumat, 21 September 2018 WP | 6339x views
Koran Jubi |— Senin, 17 September 2018 WP | 5960x views
Berita Papua |— Senin, 24 September 2018 WP | 4200x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe