Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. Pilkada, Polda Papua: Senpi, solusi terkahir
  • Minggu, 25 Februari 2018 — 17:43
  • 951x views

Pilkada, Polda Papua: Senpi, solusi terkahir

"Kami akan menggunakan senjata sebagai jalan terakhir. Penegakkan hukum sebagai jalan terakhir. Kita musyawarah, kita gunakan persuasif, selama itu bisa, itu yang terbaik," katanya saat deklarasi pilkada damai di halaman kantor Gubernur Papua, Sabtu (24/2/2018).
Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Papua bersama perwakilan kepolisian, KPU, dan Bawaslu saat deklarasi pilkada damai di halaman kantor Gubernur Papua, Sabtu (24/2/2018) - Jubi/Arjuna
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Jayapura, Jubi - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Papua, Brigjen Pol Yakobus Marjuki mengatakan, penggunaan senjata oleh kepolisian dalam pengamanan pilkada tujuh kabupaten dan pemilihan gubernur (pilgub) Papua tahun ini, merupakan solusi terakhir.

Ia mengatakan, Polda Papua ingin dalam pilkada kali ini tak ada korban jiwa. Jika ada pihak yang tidak puas dalam pelaksanaan pilkada, ada Bawaslu, dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP), penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), menempuh upaya hukum, dan cara damai lainnya.

"Kami akan menggunakan senjata sebagai jalan terakhir. Penegakkan hukum sebagai jalan terakhir. Kita musyawarah, kita gunakan persuasif, selama itu bisa, itu yang terbaik," katanya saat deklarasi pilkada damai di halaman kantor Gubernur Papua, Sabtu (24/2/2018).

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar kata Yakobus Marjuki, juga bersedia menjadi fasilitator, berkomunikasi untuk menyelesaikan ketika ada masalah dengan cara musyawarah.

Kandidat dan tim suksesnya diingatkan tidak mengerahkan  massa dalam menyelesaikan masalah yang timbul saat pilkada. Menurutnya, jika sudah mengerahkan massa, pasti ada korban, inilah yang harus dijaga.

"Inilah strategi yang kami ke depankan, supaya nanti ketegasan Polda tidak mencederai atau tidak dinilai memihak salah satu calon," ujarnya.

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI I Nyoman Santiasa mengatakan, hal yang sama. Katanya, para pemangku kepentingan di Jakarta memprediksi pilkada Papua rawan terjadi konflik. Namun ini semua kembali kepada seluruh masyarakat Papua, apakah ingin pelaksanaan pilkada berlangsung damai atau rusuh.

"Itu semua terjawab dari hati seluruh masyarakat Papua. Kita ingin pilkada damai. Ini diharapkan," kata Brigjen TNI I Nyoman Santiasa.

Dalam pelaksanaan pilkada kata dia, TNI memiliki dua tugas yakni membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan pilkada ini, dan memback up Polri dalam pengamanan.

"Kami siap untuk memback up, mendampingi dan mengamankan pesta demokrasi di Papua tahun ini. Tahun lalu kita melihat sudah banyak korban. Kita tidak ingin pilkada kali ini ada darah. Kalau dalam pilkada selalu ada korban, mungkin lebih baik tidak usah ada Pilkada," ujarnya.

Pilgub Papua tahun ini akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni paslon petahana dengan nomor urut 1 Lukas Enembe Klemen Tinal (LukMen) dan paslon nomor urut 2, John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JohSua).

Selain pilgub, ada tujuh kabupaten di Papua yang akan melaksanakan pilkada yakni Biak dengan tiga paslon, Jayawijaya satu paslon, Mamberamo Tengah satu paslon, Mimika empat paslon, Puncak satu paslon, Deiyai empat paslon, dan Paniai lima paslon. (*)

loading...

Sebelumnya

Deklarasi pilkada damai di Papua jangan hanya slogan

Selanjutnya

Data paslon Pilkada Papua belum diunggah, ada apa?

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe