Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. E-planing dan e-budgeting tak bisa mengubah kebijakan
  • Jumat, 09 Maret 2018 — 15:05
  • 606x views

E-planing dan e-budgeting tak bisa mengubah kebijakan

Penggunaan aplikasi itu memudahkan, sehingga kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan tak bisa dimanipulasi.
Launching aplikasi e-plaining dan e-budgeting pemkab Jayawijaya di Wio kantor bupati, Jumat (9/3/2018)-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Wamena, Jubi – Sistem aplikasi perencanaan dan penganggaran pembangunan dan program kerja, atau e-planing dan e-budgeting di kabupaten Jayawijaya tak bisa mengubah kebijakan yang telah tetapkan. Penggunaan aplikasi itu memudahkan, sehingga kebijakan pemerintah yang telah ditetapkan tak bisa dimanipulasi.

“Apa yang telah dimasukan atau diusulkan tidak dapat dirubah setelah merencanakan pembangunan,” kata Kepala Dinas Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Jayawijaya, Samuel Patasik, usai melaunching aplikasi e-plaining dan e-budgeting, di gedung pertemuan Wio kantor Bupati Jayawijaya, Jumat (9/3/2018)

Ia mencontohkan, pekerjaan pembangunan jalan tak bisa mengubah perencanaan keuangan, bahkan kebijakan sekali pun tidak bisa lagi. “Kecuali jika kebijakan itu masuk dalam planing dan harus dibahas kembali," kata Patasik menamabahkan.

Menurut dia, aplikasi itu juga dilengkapi fitur ruang pemikiran DPRD, dengan fasilitas useragar publik bisa mengakses. Termasuk jika masyarakat meminta pembangunan, anggota DPRD bisa mengajukan dan nanti dilihat oleh OPD terkait.

Hal itu bisa ditindaklanjuti pada saat pembahasan KUA dan PPAS yang mencantumkan usulan saat pembahasan.

"Pada saat pembahasan di DPRD itu tidak boleh lagi ada program baru yang masuk, sedangkan usulan OPD nanti dimasukkan lewat Musrembang kampung, distrik dan kabupaten yang dirumuskan menjadi program tahun yang akan datang," kata Patasik menjelaskan.

Dalam merencanakan program setiap OPD wajib menggunakan e-planing termasuk jika akan mencairkan anggaran, ia memastikan tanpa melewati aplikasi itu pencairan tidak bisa dilakukan.

"Jangankan saya, bupati saja tidak bisa mengeluarkan kas bupati, karena harus melalui proses dan itu semua terekam," katanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Jayawijaya, Petrus Mahuze, menjelaskan  Aplikasi e-plaining dan e-budgeting akan digunakan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya saat penyusunan laporan rencana kerja.

“Bappeda siap memfasilitasi perangkat daerah untuk sosialisasi dan pemahaman, agar dapat menggunakan aplikasi ini sesuai peruntukannya,” kata Mahuze.

Ia memastikan Bappeda terus melakukan supervisi di setiap perangkat daerah untuk mempermudah perencanaan, secara khusus di lingkup perangkat daerah maupun secara khusus Pemda Jayawijaya.

"E-planing dan e-budgeting akan terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga ke depan lebih baik,” kata Mahuze menjelaskan.

Mahuze menyebutkan aplikasi itu sudah bisa diakses lewat website Bappeda yang bukan hanya untuk perangkat daerah, tetapi publik secara luas. Selain itu aplikasi ini dibangun sesuai dengan karakteristik Jayawijaya, dengan beberapa menu menggunakan bahasa daerah agar memudahkan.

Ia mencontohkan adanya menu  e-pilamo yang berisi OPD, RPJMD dan semua yang ada di dalam pemerintah Kabupaten Jayawijaya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tahun ini Jayawijaya bangun tiga pasar

Selanjutnya

PKK Yahukimo dibekali materi untuk turun ke dua distrik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe