Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. Stadion Papua Bangkit terus bersolek
  • Jumat, 16 Maret 2018 — 17:56
  • 2391x views

Stadion Papua Bangkit terus bersolek

"Pemasangan sintetis athletic track akan ada pendampingan dari para ahli," katanya.
Inilah wujud Stadion Papua Bangkit yang dijadwalkan rampung akhir Desember tahun ini - foto PT PP
Alexander Loen
Editor : Jean Bisay

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura – Papua terus bersolek.

Stadion bertaraf internasional yang juga menjadi pesaing Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) Jakarta itu, menjadi terbaik nomor dua di Indonesia bila telah rampung akhir Desember 2018 nanti.

Bangunan megah yang menjadi salah satu ikon dari bumi Cenderawasih ini progres pekerjaannya terus dipacu.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, DR Yusuf Yambe Yabdi, ST, MT, adalah orang yang paling setia mengawal setiap perkembang dan kemajuan stadion ini.

Yambe Yabdi bilang progres pembangunan stadion utama Papua Bangkit yang dipakai pada pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 telah mencapai 47 persen berdasarkan milestone.

“Progres terakhir yang kita terima adalah 47 persen berbasis milestone atau (pencapaian pekerjaan dalam suatu proyek berskala besar),” Yambe Yabdi menjelaskan kepada wartawan, Rabu (14/3/2018).

Jadi jika bobotnya dikalikan dengan milestone, maka bisa jadi sekarang kita punya bobot sudah di atas 50 persen.

Prosentase bobot pekerjaan adalah besarnya presentase pekerjaan siap (telah selesai ) per item dibanding dengan pekerjaan selesai seluruhnya. Untuk pekerjaan selesai seluruhnya dinilai 100 persen.

Karena kalau merujuk pada kontrak pembangunan stadion yang disepakati adalah berbasis Lump Sum atau kontrak pengadaan barang/jasa atas penyelesaian seluruh pekerjaan dalam batas waktu tertentu sebagaimana ditetapkan dalam kontrak dan juga berbasis milestone.

Tanam rumput

Selain itu  Yambe Yabdi bilang dalam waktu dekat akan melaporakan kepada Pjs Gubernur untuk melakukan penanaman rumput stadion.

"Rumput yang akan ditanam jenisnya zoysia matrella atau rumput manila sama dengan rumput yang ada di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta," jelasnya.

Penanaman rumput perdana stadion akan disaksikan langsung oleh Pjs Gubernur Papua Soedarmo dan untuk media tanamnya sudah selesai.

"Kami akan laporkan progres ini ke beliau lebih dulu," ujarnya.

Selain itu, pada April 2018 sudah masuk tahap pemasangan athletic track atau (lintasan lari). Dipastikan perwakilan dari Internasional Association of Athletics Federation (IAAF) atau federasi atletik dunia maupun Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Pusat akan hadir di Jayapura untuk pendampingan.

"Pemasangan sintetis athletic track akan ada pendampingan dari para ahli," katanya.

Selain itu Yambe Yabdi menginformasikan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu pemaparan dari masing-masing vendor kontraktor (penyediaan produk). Karena stadion Papua Bangkit ini sistemnya komputerisasi pada beberapa alat stadion, sehingga masing-masing vendor sedang melakukan penawaran.

"Intinya fasilitas stadion Papua Bangkit sama persis dengan SGBK. Kita hanya kalah pada kapasitas stadion, dimana stadion kita hanya 45 ribu kursi penonton, sementara GBK sebanyak 80 ribu," katanya merinci.

Untuk itu, dalam melakukan penawaran ini, pihaknya didampingi langsung oleh Polda Papua dan Kejaksaan untuk melihat sejauh mana dari sisi teknis dan non teknis yang memiliki keunggulan dari penawaran masing-masing vendornya.

"Pembangunan stadion sesuai dengan kontrak sisa waktu delapan bulan. Ini waktu yang sangat kritis apalagi sekarang musim hujan. Namun pihaknya optimis pembangunan stadion akan rampung akhir tahun," kata Yambe Yabdi.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan PON XX akan tetap dilaksanakan di Bumi Cenderawasih. Penekanan ini untuk meyakinkan sebagian masyarakat dan beberapa kalangan yang ragu akan hal itu.

"Selama inikan banyak orang ragu, kerjakan barang ini tidak sederhana merubah semua, jangan ko ragu, tidak ada keraguan untuk pelaksanaan PON di Papua," kata Hery. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Bisakah Pjs gubernur lantik pejabat eselon?

Selanjutnya

Kisah Ani Haluk dan kebunnya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksio[email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe