Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. Dari jembatan Soekarnopura, Tabi hingga Joko Widodo
  • Minggu, 18 Maret 2018 — 20:04
  • 743x views

Dari jembatan Soekarnopura, Tabi hingga Joko Widodo

"Kalau nama Soekarnopura saya rasa tidak pas. Soekarno memang adalah tokoh bangsa, namanya juga sudah banyak diabdikan di beberapa daerah besar di Indonesia. Kami rasa yang pas itu adalah jembatan Joko Widodo," katanya.
Strand lifting jembatan Hamadi-Holtekam – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Nama jembatan Hamadi-Holtekam yang merupakan jembatan terpanjang di Papua menjadi polemik. Mulai dari permintaan jembatan tersebut dengan nama Jembatan Soekarnopura dari pihak Pemerintah Kota Jayapura, jembatan Tabi dari Presiden Gereja-Gereja Baptis Papua hingga usulan nama jembatan Joko Widodo dari Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Papua.

Ketua Bara JP Papua, Diben Elaby kepada wartawan, Minggu (18/3/2018) mengatakan, jembatan Hamadi-Holtekam tersebut cocoknya diberi nama jembatan Joko Widodo. Kenapa dinamai jembatan Joko Widodo? Menurut Elaby untuk menghormati Jokowi (Joko Widodo) yang telah melakukan berbagai perubahan di tanah Papua.

"Kalau nama Soekarnopura saya rasa tidak pas. Soekarno memang adalah tokoh bangsa, namanya juga sudah banyak diabdikan di beberapa daerah besar di Indonesia. Kami rasa yang pas itu adalah jembatan Joko Widodo," katanya.

Menurut Elaby, apa yang telah dilakukan Joko Widodo terhadap tanah Papua perlu dihargai, dimana atas kebijakan Joko Widodo-lah harga-harga di beberapa daerah di pegunungan Papua menjadi turun. Berbagai pengembangan infrastruktur yang selama ini diharapkan oleh masyarakat Papua.

"Sebagai bentuk ucapan terima kasih masyarakat Papua dari Sabang sampai Merauke kita ingin kasi nama jembatan itu jembatan Joko Widodo sebagai kenang-kenangan kepada beliau yang telah berperan penting terhadap Papua," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Gereja-Gereja Baptis Papua, Pendeta Duma Socratez Sofyan Yoman, tidak sepakat jika jembatan layang Hamadi-Holtekam diberi nama Sukarnopura. Yoman lebih sepakat jika pemerintah memberi nama representasi wilayah adat Papua yang menggambarkan jembatan itu ada di wilayah tanah Papua. 

"Saya usul nama Jembatan Tabi. Artinya jembatan matahari terbit. Tidak usah Sukarno. Di sini, bukan tanah Blitar, Jawa," ujar  Yoman, kepada Jubi di Abepura, kota Jayapura, Kamis (15/3/2018).

Pernyataan Yoman itu menanggapi pernyataan pemerintah Kota Jayapura yang mengusulkan nama Sukarnopura. Usulan nama itu disampaikan Wakil Wali Kota Jayapura, Ruston Saru, kepada jurnalis di Jayapura.

Sekadar diketahui, pembangunan jembatan tersebut ada tiga perusahaan kontruksi yang mengerjakannya masing-masing PT Pembangunan Perumahan, PT Hutama Karya, dan PT Nindya Karya, mengebut pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp. Rencana bentangan utama jembatan sepanjang 400 meter.

Jembatan Hamadi – Holtekam akan menjadi jembatan terpanjang di Papua dengan bentang utama jembatan 400 meter. Ukuran itu ditambah jembatan pendekat sepanjang 332 meter yang terdiri 33 meter pendekat dari arah Hamadi dan 299 meter dari arah Holtekam, sehingga total panjang jembatan keseluruhan 732 meter.

Sedangkan lebar jembatan itu 21 meter, terdiri  empat  lajur dua  arah yang dilengkapi median jalan. (*)

loading...

Sebelumnya

Tolak nama jembatan, LMA: Kenapa nama Soekarno? Jokowi saja sekalian

Selanjutnya

Menara Masjid Al Agsha diselesaikan secara kekeluargaan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Lembar Olahraga |— Minggu, 22 April 2018 WP | 8910x views
Berita Papua |— Jumat, 20 April 2018 WP | 3351x views
Pasifik |— Senin, 23 April 2018 WP | 2087x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe