Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Sumatera
  3. Ingin ke Malaysia, tujuh WNA diamankan Imigrasi
  • Minggu, 18 Maret 2018 — 22:25
  • 612x views

Ingin ke Malaysia, tujuh WNA diamankan Imigrasi

"Selanjutnya ke tujuh WNA itu diamankan ke Kantor Imigrasi Klas II Bagansiapiapi untuk dilakukan penindakan lebih lanjut," ujar Rosman Sembiring.
Ilustrasi - Tempo.co
ANTARA
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Rokan Hilir, Jubi - Imigrasi Klas II Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil (Rokan Hilir), Riau bersama Komando Distrik Militer 0321/Rokan Hilir mengamankan tujuh warga negara asing (WNA) yang akan berangkat ke Malaysia.

"Ketujuh WNA tersebut kami amankan pada Sabtu (17/3/2018) pukul 17.14 WIB di Gang Makmur, Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil," kata Pasi Intel 0321/Rohil Kapten Inf Rosman Sembiring di Bagansiapiapi, Minggu (18/3/2018).

Sembiring mengatakan, sebelumnya pada Sabtu (17/3/2018) pukul 14.00 WIB, pihaknya mendapat informasi bahwa di Gang Makmur, Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko telah tiba tujuh orang WNA yang akan berangkat ke Malaysia melalui jalur laut.

Atas informasi itu, beberapa personel Kodim 0321/Rohil yang dipimpin oleh Danramil 01/Bangko, Mayor Inf Edi Yanto bersama pihak Imigrasi Klas II Bagansiapiapi langsung bergerak menuju TKP dan berhasil mengamankan tujuh orang WNA tersebut.

"Selanjutnya ke tujuh WNA itu diamankan ke Kantor Imigrasi Klas II Bagansiapiapi untuk dilakukan penindakan lebih lanjut," ujar Rosman Sembiring.

Adapun ketujuh WNA itu, yakni Rahman alias Md Kholilur asal Bangladesh, Sheikh alias Hassan asal Bangladesh, Alam alias Md Shah asal Bangladesh. Kemudian Jayapalan alias Manase asal Sri Lanka, Anas asal Bangladesh, Kumar asal India dan Kabir Ahmed Bin Jamil Ahmed warga kebangsaan Myanmar status pemegang kartu United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR).

Kepala Imigrasi Klas II Bagansiapiapi, Junaidi mengatakan, dari pemeriksaan awal terhadap Kabir Ahmed Bin Jamil Ahmed asal Myanmar itu, ia nekat membawa istri dan anak untuk pergi ke Malaysia guna mencari penghidupan yang layak.

"Sebagian WNA itu ada yang punya paspor dan masih berlaku izin tinggalnya. Jadi perlu kehati-hatian untuk menangani, karena jalur kedatangan mereka sudah benar di Indonesia bahkan ada yang memiliki kartu UNHCR," tuturnya.

Ia mencontohkan seperti Manase asal Sri Lanka memiliki paspor yang masih berlaku, datang pada 14 Maret 2018 masuk dengan bebas visa kunjungan wisata. Begitu juga Sheikh Hassan dan Alam tercatat datang 9 Maret 2018.

Namun Rahman alias Md Kholilur sudah overstay (habis izin tinggal) sejak 6 November 2017, begitu juga Kumar sudah overstay sekitar dua bulan.

"Jelas untuk dua WNA ini terjadi pelanggaran Keimigrasian karena overstay, namun ini masih kami dalami," kata Junaidi.

Pihaknya memperkirakan dari hasil serangkaian pemeriksaan, para WNA itu mau menyeberang ke Malaysia guna mengadu nasib. Akses perairan yang mudah lewat Bagansiapiapi atau Sinaboi, Kabupaten Rohil, ke negeri jiran memungkinkan untuk itu.

Terhadap pelanggaran Keimigrasian terangnya, berpotensi dikenai sanksi deportasi dan penangkalan. Sementara bagi yang memegang kartu UNCHR pihaknya berkomunikasi lebih lanjut dengan pihak terkait. (*)

loading...

Sebelumnya

Ikemal Peguteng lantik badan pengurus sub suku

Selanjutnya

Pemerintah, TNI-Polri, bersama masyarakat Tolikara tolak berita hoax

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Lembar Olahraga |— Minggu, 22 April 2018 WP | 8906x views
Berita Papua |— Jumat, 20 April 2018 WP | 3351x views
Pasifik |— Senin, 23 April 2018 WP | 2087x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe