Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lingkungan
  3. Biak gencarkan pengelolaan sampah plastik
  • Senin, 19 Maret 2018 — 16:49
  • 1291x views

Biak gencarkan pengelolaan sampah plastik

Langkah itu dilakukan menghadapi banyaknya limbah sampah plastik di sekitar lingkungan permukiman masyarakat yang cenderung dibuang di sembarang tempat.
Siswa siswi kelas 1, SD Papua Harapan, Kabupaten Jayapura saat ke bank sampah Kenambai Umbai, di Komba Sentani, Jubi/Dok.
ANTARA
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Biak, Jubi- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Biak Numfor, Papua, gencar mengedukasi masyarakat agar mengolah sampah plastik untuk menambah pendapatan keluarga. Langkah itu dilakukan menghadapi banyaknya limbah sampah plastik di sekitar lingkungan permukiman masyarakat yang cenderung dibuang di sembarang tempat.

"Limbah plastik tempat air mineral yang setiap hari dimiliki keluarga jangan dibuang, tetapi disetor ke bank sampah induk Darfuar sehingga menghasilkan tambahan pendapatan keluarga," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Iwan Is Mulyanto AP di Biak, Senin, (19/3/2018).

Kebiasaan masyarakat membuang sampah limbah plastik sangat bertentangan dengan cita-cita Kabupaten Biak Numfor ingin mengelola sampah agar mendatangkan keuntungan ekonomi dan mengurangi volume sampah ke tempat pembuang akhir.

Limbah sampah plastik, menurut Iwan Mulyanto, dapat diolah menjadi barang hiasan serta dapat dijual dengan harga Rp2.000 per kilo gram. "Sampah-sampah yang ada di Kota Biak bisa dikategorikan menjadi 3 jenis, yakni sampah organik, non-organik,” kata Mulyanto menambahkan.

Menurut dia sampah non-organik, seperti plastik dan botol-botol bekas masih bisa digunakan bahkan dijual ke bank sampah atau sub bank sampah di Kabupaten Biak Numfor. Sedangkan sampah organik  bisa dimanfaatkan menjadi pupuk penyubur tanaman.

Tercatat saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor terus menggalakkan pemanfaatan limbah dan sampah dengan berbagai terobosan. Hal itu dilakukan dengan lomba membuat hiasan tong dari barang bekas hingga aksi massal program Jumat pagi pantai bersih.

“Kami juga mengedukasi pembuatan kompos serta pembinaan kelompok pengelola lingkungan komunitas air serta komunitas pencinta buku serta kelompok paguyuban masyarakat nusantara,” katanya.

Kepedulian terhadap  pengelolaan sampah agar lebih bermanfaat juga dilakukan di Kabupaten Jayapura dengan cara memperkenalkan siswa siswi kelas 1, SD Papua Harapan, ke bank sampah Kenambai Umbai di Komba Sentani.

 “Anak-anak senang sekali berkunjung ke sini karena ini hal baru yang mereka pelajari,” kata  guru wali kelas 1, SD Papua Harapan, Jeklin.

Jeklin menjelaskan, siswa siswi anak didiknya itu juga dapat pemahaman bahaya sampah plastik terhadap lingkungan. “Dan selama ini anak-anak belum sadari hal itu,” kata Jeklin menambahkan.

Kunjungan anak didiknya ke bank sampah Kenambai Umbai juga untuk memperkenalkan etika mencintai lingkungan, sehingga tak membuang sampah semabarangan. Selain  belajar daur ulang sampah, mereka juga diperkenalkan dengan bahaya dan resiko jika membuang sampah ke sungai, laut maupun di tempat lain secara sembarangan. (*)

loading...

Sebelumnya

Hutan kerap dirambah, sumber air akan rusak

Selanjutnya

37 pejabat penegak hukum ikuti diklat gugatan perdata lingkungan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Lembar Olahraga |— Minggu, 22 April 2018 WP | 8900x views
Berita Papua |— Jumat, 20 April 2018 WP | 3351x views
Pasifik |— Senin, 23 April 2018 WP | 2087x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe