Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Ini sembilan langkah tips menghindari skimming
  • Rabu, 21 Maret 2018 — 21:44
  • 736x views

Ini sembilan langkah tips menghindari skimming

"Sebelum transaksi harus diperhatikan seperti card reader dan pin pad dalam keadaan tak rusak," ujar Adi
Transaksi di teller perbankan  - Jubi/en.tempo.co
Sindung Sukoco
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Maraknya kasus skimming di daerah Jawa Timur, membuat Bank Mandiri dan BI Perwakilan Papua juga angkat bicara dan berbagi tips untuk menghindarinya.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua, Adi Purwantoro, mengakui BI punya sembilan langkah tips menghindari kasus skimming.

Adi mengemukakan yang harus dilakukan adalah memilih ATM yang aman, pastikan ada CCTV terpasang, 

"Sebelum transaksi harus diperhatikan seperti card reader dan pin pad dalam keadaan tak rusak," ujar Adi

Kelima, menutup tangan dalam memasukkan PIN. Keenam, setelah transaksi simpan atau musnahkan. Ketujuh mengganti PIN secara berkala. Kedelapan, jangan beri PIN ke orang lain, menukar ATM dari bentuk magnetik ke chip dan melaporkan ke bank terdekat jika ada ATM atau oknum yang mencurigakan.

Adi mengatakan skimming adalah kejahatan yang ada di perbankan dengan menyalin data dan menyalin secara ilegal.

" Ini bukan karena masalah registrasi kartu. Jauhkan pandangan masalah registrasi kartu telpon dengan kejahatan skimming, sebab kejahatan jenis ini ada sejak munculnya ATM," ujarnya.

Iapun juga menghimbau agar perbankan mewaspadainya. 

CEO Bank Mandiri Regional 12 Jayapura, Tito Irianto Sutaryo, mengemukakan Bank Mandiri untuk edisi wilayah kerjanya secara rutin melakukan pengecekan mesin ATM.

"Bank Mandiri melakukan edukasi kepada masyarakat antara lain melalui video tutorial," katanya.

Iapun mengutip pernyataan corporate secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas, bahwa PT Bank Mandiri (Persero) jauh sebelum adanya kasus saat ini, telah melakukan tindakan pengamanan terhadap mesin-mesin ATM, termasuk secara rutin memeriksa dan memonitor mesin-mesin ATM tersebut.

Meski demikian, seiring kemudahan yang dapat dinikmati nasabah, dimana kartu ATM sebuah bank dapat digunakan di berbagai mesin ATM, baik dalam maupun luar negeri, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam bertransaksi.

Apabila nasabah mengalami kejadian yang mencurigakan dan berpotensi merugikan, dia berharap nasabah segera melaporkan kejadian tersebut dan pihak bank akan segera menindaklanjuti, termasuk dan tidak terbatas hingga proses penggantian dana nasabah secara utuh, bila jelas terbukti menjadi korban pencurian data.

"Kami juga berharap nasabah mengaktifkan dan memanfaatkan feature NOTIFIKASI ke HP pemegang rekening (baik kartu kredit maupun kartu debit atau kartu ATM), yang akan menginfokan kepada nasabah bila ada penarikan atau penggunaan kartu, baik di mesin ATM atau di merchant (jumlah nilai minimum penggunaan/penarikan dalam notifikasi, dapat dipilih oleh nasabah sendiri). Dengan notifikasi ini, bila ada penarikan dana atau penggunaan kartu yang tidak dilakukan, nasabah dapat cepat mengidentifikasi, melapor, dan memblokirnya" ujarnya.

Bank Mandiri juga mengimbau nasabah untuk segera mengganti PIN dan melakukan perubahan PIN secara berkala. (*) 

loading...

Sebelumnya

Penertiban pedagang emperan, Solpap: Jangan menimbulkan konflik

Selanjutnya

Harga elpiji mahal, Pertamina: Akibat ongkos angkut

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe